Pohuwato Akan Miliki Geo Park Perikanan

TATIYE.ID (POHUWATO) – Desa Bumbulan, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato diproyeksikan akan dibangun sebuah geo park perikanan oleh investor lokal Paguat, Selasa (15/06/2021).

Kepastian pembangunan geo park tersebut sebagaimana telah dipaparkan oleh Rektor Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Gorontalo, Ridwan Tohopi dihadapan Bupati Saipul A. Mbuinga.

Rektor UNU Gorontalo, Ridwan Tohopi mengatakan bahwa sebelum melakukan pembangunan geo park terlebih dahulu dilakukan pengkajian.

“Hasil kajian kami wilayah Bumbulan cocok untuk pembangunan geo park yang di dalamnya ada 3 fungsi utama berupa laboratorium yang berfungsi untuk pembibitan, industri pengelolaan perikanan, dan pembudidayaan,” jelasnya.

“Mengenai investor tentu sudah siap, apalagi investornya lokal asli Paguat. Namun tentu sebelum dilakukan pembangunan terlebih dahulu kami akan melapor ke kementerian terkait dan kami akan presentasekan tentang pembangunan geo park ini,” sambung Ridwan.

Sementara itu, Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga didampingi Assisten Pembangunan, Rusmiyati Pakaya, Kadis Perikanan, Amrin Umar menyambut baik dan mendukung pembangunan geo park di Desa Bumbulan, Kecamatan Paguat tersebut.

“Iya, secara utuh presentase sudah kami lihat. Jadi ini sangat baik, karena di dalamnya ada eko wisata, kemudian pengembangan pembibitan, pembididayaan sampai pada ekspor, dua jenis ikan yang akan dipelihara yakni ikan gorapu dan napoleon,” ungkap Bupati.

Bupati Saipul juga mengungkapkan ada banyak hal menarik di dalamnya yaitu pengembangan dua jenis ikan yang pasarnnya ada dan ini berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.

“Pengaruhnya akan ke nilai ekonomi. Kemudian masalah jalan yang diminta maka kami siap memfasilitasinya, apalagi panjang jalan kurang lebih 2 KM,” jelas Bupati.

“Kami akan memfollow up ini sampai dengan selesai atau harus ada realisasinya. Untuk itu pemda siap mendukung rencana baik ini,” pungkasnya.

Exit mobile version