PMI dan Dinkes Kabgor Buka Pos Pengawasan Prokes di Limboto

TATIYE.ID (KABGOR) – Palang Merah Indonesia bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo membuka pos pengawasan protokol kesehatan terpadu 24 jam jelang akhir tahun guna melindungi masyarakat dari paparan virus COVID-19.

“Pos hari ini mulai kita bangun, tempatnya di pusat Kota Limboto, tujuannya dalam rangka pengawasan protokol kesehatan,” kata Sekretaris PMI Bobby Hasan di kompleks Pakaya Tower, Senin (28/12).

Bobby menyebut, pos pengawasan nanti akan diisi oleh sejumlah petugas dari PMI dan Dinas Kesehatan yang akan secara aktif melakukan pengawasan demi mewujudkan masyarakat aman serta sehat.

“Kami harus memastikan, masyatakat benar-benar terhindari penyebaran COVID-19. Untuk itu partisipasi seluruh pihak juga sangat perlu termasuk masyarakat. Harus saling menjaga, taati protokol kesehatan,” tegas Bobby.

Bobby menerangkan, pendirian pos pengawasan terpadu ini dilakukan menyusul instruski dari Ketua PMI Kabupaten Gorontalo yang menginginkan upaya mengedepankan protokol kesehatan dibarengi dengan peningkatan kualitas layanan terhadap masyarakat umum.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Dr Roni Sampir menyampaikan, jika pembuatan pos rampung pada hari ini maka mulai besok akan dimulai pengawasan protokol kesehatan.

“Insya Allah kalau proses pembangunan pos rampung hari ini, maka besok kita mulai bekerja. Fokus pengawasan hanya dilingkungan rawan orang berkerumun seperti kompleks menara dan taman budaya Limboto,” jelas Roni.

Ia menambahkan, jika dimungkinkan petugas di pos akan melakukan tes antigen kepada mereka pelaku perjalanan ke luar daerah.

“Stok alat tets antigen di Dinas Kesehatan sebanyak 1775 buah, tapi itu hanya dikhususkan bagi mereka pelaku perjalanan luar daerah. Nah kalau ada petugas di pos akan melayani,” pungkas Roni..

Exit mobile version