Pj Bupati Boalemo Terharu Jalani Prosesi Adat Moloopu: Ini Pertama Kali

TATIYE.ID (BOALEMO) – Pasca dilantik pada tanggal 22 Mei 2022 sebagai Pj Bupati Boalemo, kini Hendriwan menjalani proses adat Moloopu, di rumah Dinas Bupati Boalemo, Senin (23/05/2022).

Sidang adat lenggota lepohutu (Moloopu) merupakan adat istiadat penjemputan Pj Bupati, Hendriwan bersama Mbui (Istri) dari kediaman pribadi ke (Yiladia ) atau rumah jabatan Bupati oleh pemangku adat U Duluwo.

Adapun prosesi adat yang diikuti oleh Hendriwan bersama Mbui (Istri). Seperti adat tujai mopobotulo (mempersilahkan naik), mepohuloo (mempersilahkan duduk) mopohulito (pengaturan tempat duduk kepada mbui). Prosesi adat tersebut diiringi dengan genderang adat dibunyikan.

Suasana haru pun menyelimuti Penjabat (PJ) Bupati Boalemo, Hendriwan bersama Istri, saat disambut dengan adat moloopu oleh pemangku adat U Duluwo.

“Penyambutan seperti ini pertama kali saya alami, untuk itu saya terharu, dan saya mengucapkan terima kasih, alhamdulillah saya juga sudah terterima di Kabupaten Boalemo,” ucap Hendriwan.

Tak lupa ia meminta dukungan kepada seluruh Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) dilingkungan pemerintahan Kabupaten Boalemo, dan masyarakat Boalemo pada umumnya untuk melaksanakan pemerintahan di Daerah Boalemo.

“Tentunya sebagai penjabat Bupati Boalemo, saya akan menunjukan sesuai kemampuan saya untuk membangun Kabupaten Boalemo kearah yang lebih baik, saya akan meneruskan seluruh program Bupati sebelumnya, supaya bisa berkesinambungan, sehingganya saya mohon dukungan dari seluruh OPD dan masyarakat untuk menjalankan pemerintahan di Kabupaten Boalemo,” sambungnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh, mantan Bupati Boalemo, Anas Jusuf, Darwis Moridu, Ketua DPRD Boalemo, Eka Putra Noho, Forkopimda, serta pimpinan OPD di lingkungan pemkab Boalemo. (*)

Exit mobile version