Pj Bupati Boalemo Soroti Kekerasan Terhadap Anak di Lingkungan Pendidikan

TATIYE.ID (BOALEMO) – Penjabat Bupati Boalemo Sherman Moridu membuka Sosialisasi Pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan, di Lingkungan Satuan Pendidikan Kabupaten Boalemo.

Sosialisasi yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan tersebut, diikuti oleh para Kepala Sekolah SD/SMP dan Pengawas se Kabupaten Boalemo, Kamis (16/11/2023) di Grand Amalia Hotel Tilamuta.

“Makin maraknya kekerasan yang terjadi di lingkungan satuan pendidikan, menjadi latar belakang dikeluarkannya peraturan ini, berbagai survey menunjukkan bahwa saat ini Indonesia dalam kondisi darurat kekerasan terhadap anak,” kata Pj. Bupati Boalemo Sherman dalam sambutannya.

Pj. Bupati Sherman menjelaskan, berdasarkan hasil asesmen nasional tahun 2022, 34,51 % peserta didik berpotensi mengalami kekerasan seksual, 26,9 % berpotensi mengalami hukuman fisik dan 36,31 % berpotensi mengalami kekerasan perundungan.

“Diharapkan dengan adanya Permendikbudristek PPKSP, kiranya kekerasan di lingkungan satuan pendidikan dapat di tekan semaksimal mungkin,” tutur Pj. Bupati Sherman Moridu.

Sherman Moridu menambahkan, bentuk kekerasan yang diatur dalam Permendikbudristek tersebut yakni kekerasan fisik, kekerasan psikis, perundungan, kekerasan seksual, diskriminasi dan intoleransi serta kebijakan yang mengandung kekerasan.

Exit mobile version