Pinogu Gelap Gulita, Pemda Diminta Anggarkan Perbaikan PLTS

TATIYE.ID (BONEBOL) – Tiga tahun sisa masa jabatan Bupati Bone Bolango Hamim Pou diharapkan dapat memfokuskan pembangunan di Kecamatan Pinogu.

Pasalnya, masih banyak infrastruktur yang perlu dibenahi di wilayah itu. Selain rusaknya saluran irigasi, masyarakat juga meminta adanya perbaikan lampu penerang sebagai penunjang kehidupan warga setempat.

Itu disampaikan Anggota DPRD Bone Bolango, Usman Hulopi kepada awak media, saat menerima aspirasi masyarakat ketika dirinya berkunjun ke Kecamatan Pinogu beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan aspirasi murni dari masyarakat Kecamatan Pinogu. Ternyata disana masih belum merasakan arti kemerdekaan, dikarenakan lampu penerang sudah tidak berfungsi dengan maksimal” katanya.

Aleg Dapil Suwawa Cs menjelaskan, sudah dua tahun lamanya warga yang berdomisili di Kecamatan Pinogu berada dalam kondisi gelap gulita. Pasalnya, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sudah tidak bisa dimanfaatkan, diduga karena ada beberapa komponen PLTS yang tidak berfungsi dengan baik.

“Otomatis masyarakat Pinogu secara terpaksa di malam hari harus menikmati kehidupan yang gelap gulita dan kembali ke jaman dulu. Jangan sampai hal ini terjadi dengan waktu yang panjang karena tidak ada bentuk perhatian pemerintah” katanya.

Menyikapi persoalan ini, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) menyarankan agar pemerintah daerah harus berani menganggarkan perbaikan lampu penerang tersebut. Sebab estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan itu kurang lebih Rp 2 Miliar.

“Itu nantinya akan dipergunakan untuk membeli berbagai kebutuhan PLTS yang sudah tidak berfungsi. Diantaranya, pengadaan batu batre dan lain sebagainya” tandasnya. (**)

Exit mobile version