Perusahaan Jepang Kanematsu Corporation Tawarkan Kerjasama dengan Pemkab Gorontalo

TATIYE.ID (KABGOR) – Salah satu perusahaan asal Jepang, Kanematsu Corporation menawarkan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Rabu (27/7/2022).

Pertemuan keduanya berlangsung di ruang madani, Kantor Bupati Gorontalo. Terlihat Nelson Pomalingo menyambut baik kedatangan perusahaan dari Jepang dan perusahaan nasional, Gobel Group.

Kedatangan Kanematsu Corporation adalah ketertarikannya melihat potensi kakao di Kabupaten Gorontalo.

Karena itu Nelson menyampaikan pegembangan budidaya tanaman kakao di Kabupaten Gorontalo sedikit berbeda dengan daerah tetangga, seperti Kabupaten Boalemo dan Pohuwato. Sebab lahan perkebunan di daerah ini, kata Bupati, lebih dominan dimanfaatkan masyarakat untuk komoditi jagung, kelapa, cengkeh dan kopi.

“Untuk budidaya tanaman kakao sendiri belum banyak diminati di kalangan masyarakat Kabupaten Gorontalo, sebab menurut mereka memeliharanya lebih susah dibandingkan dengan budidaya tanaman lain,” ucap Nelson

Namun dirinya mengatakan melalui Dinas Pertanian untuk melakukan identifikasi pembinaan kepada para petani di Kabupaten Gorontalo, karena telah dipasarkan di beberapa outlet mini market serta beberapa coffee shop di Tokyo, Jepang.

“Misalnya ada lahan untuk bisa dilakukan pengembangan, karena keutungan dari budidaya tanaman kakao ini harganya lebih tinggi dan pendapatan terjadi peningkatan,” kata Nelson.

Selain itu tambah Nelson, pihaknya telah menuangkan pada RPJMD Kabupaten Gorontalo yakni adaptasi perubahan iklim yang merupakan bagian dari program unggulan.

“Olehnya Pemerintah Daerah mendorong sektor pertanian diwilayah pertanian untuk tanaman perkebunan,” pungkasnya.

Exit mobile version