Permudah Akses Pelayanan, Adminduk Kini Terintegrasi Melalui SIAK Terpusat

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Sehubungan dengan adanya migrasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), proses kepengurusan, maupun penyelesaian data dan dokumen di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dikdukcapil) Kota Gorontalo akan dilakukan secara terpusat.

Langkah maju Pemerintah Kota Gorontalo dibawah kepemimpinan Dr. Hi. Marten A. Taha, S.E., M.Ec.Dev dan Ryan F. Kono, B.COM., M.AP sebagai Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo periode 2019- 2024 ini merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan pelayanan publik dalam urusan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Informasi yang diperoleh tatiye.id, proses pengalihan atau migrasi aplikasi dilakukan sejak Kamis 19 Mei 2022. SIAK terpusat sendiri menggunakan Aplikasi SIAK yang memudahkan dalam pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di wilayah Kota Gorontalo. Namun pelayanan sudah kembali dilakukan secara Offline dan normal pada hari Jumat, 20 Mei 2022.

Kepala Dikdukcapil Kota Gorontalo Yusrianto Kadir, SE, M.Ec.Dev mengungkapkan, selama proses migrasi aplikasi SIAK berlangsung Direktorat Jenderal Dukcapil melaksanakan Sharing Knowlegde dan Bimtek melalui daring bersama Kepala Dinas, Kepala Bidang, tenaga Teknis dan Operator pada Disdukcapil Provinsi Gorontalo dan Kalimantan Selatan serta Kabupaten Kota.

“Pihaknya harus cepat dalam proses migrasi aplikasi SIAK ini, sehingga pelayanan administrasi kependudukan tidak terhenti,” ujar Yusrianto Kadir.

Dijelaskan Yusrianto Kadir, SIAK terpusat merupakan sebuah sistem informasi yang disusun berdasarkan prosedur-prosedur dan memakai standarisasi khusus yang bertujuan menata sistem Administrasi Kependudukan sehingga tercapai tertib administrasi dibidang kependudukan dan pencatatan sipil dengan data base kependudukannya ada di server Ditjen Dukcapil Kemendagri.

“Dengan penerapan SIAK Terpusat segera akan dilaksanakan penggunaan Identitas Digital atau Digital ID bagi Warga Kota Gorontalo dan tentunya apa kita harapkan pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Genggaman (Public Service In Your Palm) akan segera terwujud di Kota Gorontalo,” jelas Yusrianto. (*)

Exit mobile version