Perkuat Pemahaman, 3 Pimpinan Bawaslu Gorontalo Ikuti Bimtek

TATIYE.ID – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Gorontalo yang baru dilantik yakni Kordiv SDMO dan Diklat Amin Abdullah, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Datin John Hendri Purba serta Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Lismawy Ibrahim mengikuti penguatan uraian tugas pokok dan fungsi pengawasan pemilu 2022 yang diselenggarakan oleh Bawaslu RI pada tanggal 28 November – 1 Desember 2022 di Bogor, Jawa Barat.

Kordiv SDMO dan Diklat Amin Abdullah ketika dihubungi via telepon mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Bogor tersebut dikhususkan kepada komisioner terlantik pada Periode 2022-2027.

“Pelatihan ini dikhususkan bagi komisioner Bawaslu terlantik pada Periode 2022-2027,” ungkap Amin Abdullah via telepon.

Lebih lanjut, Amin menuturkan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap uriaan tugas pokok fungsi pengawas pemilu serta memperkuat pemahaman akan kelembagaan, mekanisme pola hubungan dan tata kerja lembaga pengawas pemilu.

“Kami pun menerima materi terkait sosialisasi Perbawaslu Nomor 3 tahun 2022 tentang Tata Kerja dan Pola Hubungan Pengawas Pemilu, Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2022 Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilihan Umum serta Perbawaslu Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Penyelesaian Pelanggaran Administrasif Pemilihan Umum,” tuturnya.

Amin pun menerangkan bahwa saat ini pihaknya akan melakukan penurunan
angka pelaporan pelanggaran kode etik Pengawas Pemilu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akibat kelalaian dalam bekerja.

“Kamipun saat ini menyiapkan Pengawas Pemilu yang kuat secara psikologis dan sehat menuju pengawasan tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.
dan memahami manajemen aparatur sipil negara” ungkapnya.

Exit mobile version