Penjagub Ismail Pakaya Kunjungi Wisata Pulau di Gorontalo Utara

Foto : Fadil/Diskominfotik

TATIYE.ID – Penjabat Gubernur Ismail Pakaya mengunjungi pulau-pulau yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara, Minggu (10/12/2023). Hal tersebut menjadi kali pertama bagi Ismail untuk melihat dari dekat potensi wisata pulau yang ada di bagian Utara Gorontalo.

Menumpangi KM Ganda Nusantara 5, Penjagub Ismail bersama istri Fima Agustina dan sejumlah pimpinan OPD bertolak dari Pelabuhan Kwandang menuju Ponelo Kepulauan. Berlanjut ke destinasi wisata Pulau Saronde dan berakhir di Oile Beach and Resort.

Sejumlah catatan penting yang diungkap Ismail pada kunjungan tersebut. Pertama menyangkut transportasi yang menghubungkan satu pulau ke pulau lain belum memadai. Fasilitas dermaga juga tidak representatif bagi wisatawan.

“Transportasi (kapal motor) masih terlalu besar untuk digunakan, ditambah lagi belum tersedia dermaga yang mumpuni untuk para wisatawan sehingganya ini masih perlu untuk dibenahi agar wisata yang punya potensi ini bisa memikat para wisatawan,” ungkap Penjagub.

Ismail juga menerima laporan bahwa masih banyak masyarakat setempat yang melakukan pengeboman ikan di wilayah Pulau Saronde. Ia mengimbau untuk tidak melakukannya lagi karena dapat merusak ekosistem laut dan membahayakan warga.

“Pengunjung itu menikmati wisata laut kita, wisata bahari kita tapi kemudian ada ancaman terhadap keselamatan mereka saat menyelam di titik-titik tersebut, ini menjadi keluhan mereka ke Saya tadi,” jelasnya.

Sebagai akhir, ia mengajak pemerintah kabupaten bekerja sama dengan pemerintah provinsi untuk membangun pulau-pulau yang masih kosong dan dijadikan tempat wisata. Peran sektor swasta juga penting untuk berinvestasi di daerah.

Turut mendampingi Penjagub yakni Kadis Perhubungan Jamal Nganro, Kadis Kumperindag Risjon Sunge, Kaban Kesbangpol Imran Bali, Kepala Biro Umum Amir Hadju dan pimpinan OPD lain. Sejumlah pejabat Pemda Gorut juga ikut mendampingi.

Exit mobile version