Penjagub Ismail Pakaya Hadiri Pelaksanaan Doa Ba’do Ketupat di Yosonegoro

TATIYE.ID (PEMPROV GORONTALO) – Pejabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo, Ismail Pakaya, hadiri pelaksanaan doa Ba’do ketupat atau lebaran ketupat yang berlokasi di Desa Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Rabu (17/4/2024).

Doa tersebut sebagai pertanda dimulainya tradisi masyarakat Gorontalo untuk menjamu tamu di hari lebaran ketupat, hal ini ditandai dengan pemukulan beduk oleh Penjagub Ismail, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, di Masjid Al Muttaqin.

Dalam kesempatan tersebut, Penjagub Ismail pakaya menyampaikan kedatangannya sekaligus untuk melihat kembali kondisi masjid yang pernah dikunjunginya saat bertugas di Kabupaten Gorontalo beberapa tahun lalu.

“Karena sebelumnya disampaikan pak kades bahwa masyarakat belum bisa menerima tamu jika belum melaksanakan doa, maka saya dijadwalkan untuk ikut doa di masjid ini dulu,” ujar Ismail Pakaya.

Setelah mendengarkan penyampaian kepala desa Yosonegoro tentang beberapa kebutuhan masjid selanjutnya, Penjagub Ismail akan menyerahkan dana CSR sebesar Rp25 juta. Pimpinan Daerah Provinsi Gorontalo tersebut berharap dana yang diberikan menjadi berkah untuk memuliakan masjid.

Doa ba’do ketupat yang turut menyertakan masyarakat Desa Yosonegoro ini diawali dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran. Kemudian dilanjutkan dengan pemukulan beduk sebagai tanda masyarakat sudah bisa menjamu tamu dan ditutup dengan hidangan yang sudah disediakan.

Exit mobile version