Pendaftaran Peserta Magang ke Jepang Tahun 2023 Diperpanjang

TATIYE.ID (GORONTALO) – Kabar gembira bagi masyarakat Gorontalo yang berminat mengikuti pemagangan ke luar negeri khususnya ke Jepang tahun 2023 untuk masyarakat Provinsi Gorontalo, diperpanjang proses pendaftarannya.

Pendaftaran ini diperpanjang hingga memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kementerian ketenagakerjaan Republik Indonesia sebanyak 150 orang pendaftar.

Pendaftaran dapat melalui https://jepang.magangln.id atau dapat menghubungi Dinas Tenaga Kerja, ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo.

Pemagangan luar negeri merupakan bagian dari system pelatihan kerja yang bertujuan mempersiapkan tenaga kerja yang terampil, beretos kerja tinggi dan mempunyai wawasan international yang mampu bersaing pada era global.
Meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan para pelaku magang dalam melatih produktivitas untuk diimplementasikan di tempat kerja.

Program pemagangan luar negeri ini dilaksanakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melalui Direktorat Bina Pemagangan, Direktorat Jenderal Pembinaan pelatihan dan Produktivitas addalah program pemagangan ke jepang bekerja sama dengan International Manpower Development Organization Japan (IM Japan) program tersebut dirancang secara komprehensif mulai dari rekrutmen, seleksi, pelatihan pra pemberangkatan, pemagangan di perusahaan jepang sampai dengan tindak lanjut pasca pemangangan.

Untuk keberhasilan program pemagangan tersebut, perlu dipersiapkan calon peserta yang memadai melalui rekrutmen dan seleksi sehingga diperoleh peserta sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan bersama oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan IM Japan.
Adapun proses seleksi ini sebagai berikut :
Pemeriksaan Administrasi
Tes Matematika
Kesamaptaan
Tes Ketahanan Fisik
Wawancara
Tes Kesehatan/ MCU
Tes Bahasa Jepang

Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Tenaga Kerja, ESDM dan Transmigrasi telah melakukan upaya dengan menghubungi pihak Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia untuk dapat memperpanjang waktu pendaftaran bagi lulusan SMA/SMK dan Diploma/Sarjana yang berminat ingin mengikuti program tersebut.

Sampai dengan saat ini update peserta yang sudah mendaftar sebanyak 94 orang baik yang mendaftar secara online maupun datang langsung ke Dinas Tenaga Kerja, ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo.

Sebagai informasi bagi para peserta yang sudah mendaftar baik secara online maupun langsung menghubungi Dinas Tenaga Kerja, ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo untuk dapat mengecek kelengkapan administrasinya
Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi Sekretariat pendaftaran Pemagangan Luar Negeri pada Dinas Tenaga Kerja, ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo. (***)

Exit mobile version