Pemkot Gorontalo Resmi Lindungi 21.604 Pekerjanya Lewat BPJAMSOSTEK

Pemkot Gorontalo Resmi Lindungi 21.604

TATIYE.ID (PEMKOT) – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo resmi melindungi sebanyak 21.604 pekerjanya, baik sektor formal penerima upah (PU) dan sektor informal bukan penerima upah (BPU) lewat program perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJAMSOSTEK.

Hal ini ditandai dengan diserahkannya secara simbolis sebanyak 21.604 kartu peserta BPJAMSOSTEK sektor formal dan informal yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan subsidi upah (BSU), santunan jaminan kematian (JKM), dan sosialisasi bagi UMKM penerima bantuan usaha Kota Gorontalo tahun 2020 oleh Wakil Walikota Gorontalo, Ryan F. Kono, di Aula Rudis Walikota Gorontalo, Kamis (10/12/2020).

Wakil Walikota Gorontalo, Ryan F. Kono, dalam sambutannya mengungkapkan Pemkot Gorontalo pada tahun anggaran 2020 telah mengalokasikan anggaran untuk memfasilitasi bantuan iuran kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja formal dan informal khususnya pekerja terdampak Covid-19 sebanyak 21.604 pekerja selama 2 bulan terhitung dari bulan November sampai dengan Desember 2020.

“Kami Pemkot Gorontalo akan mengupayakan agar program ini tetap dapat dilanjutkan dan teranggarkan kembali pada tahun 2021. Tentu saja untuk mewujudkan itu, butuh dukungan juga dari anggota DPRD Kota Gorontalo,”kata Ryan F. Kono.

Program ini, lanjut Ryan F. Kono, dalam rangka melaksanakan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2017 tentang penyelenggaraan ketenagakerjaan.

Selain itu, melaksanakan Peraturan Walikota Gorontalo Nomor 13 tahun 2019 tentang program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi tenaga penunjang kegiatan daerah, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja dan pekerja sektor informal di Kota Gorontalo.

Exit mobile version