Pemkot Gorontalo & Pohuwato Kolaborasikan Program Kerja demi Majukan Daerah

TATIYE.ID (PEMKOT) – Demi meningkatkan hubungan kerjasama antara lintas daerah di tingkat provinsi Gorontalo, Pemerintah Kota Gorontalo memulai kunjungan kerjasama di kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo yang dimulai dari kabupaten paling barat, Pohuwato.

Agenda kerjasama yang dikemas dalam bentuk Diskusi Publik Program Kerja Tahun 2021 dan desiminasi hasil Litbang sekaligus penandatangan MoU antara Pemkot Gorontalo dan Pemkab Pohuwato serta PKS BAPPEDA Kota Gorontalo dan BAPPELITBANG Kabupaten Pohuwato itu berlangsung di gedung Panua, kantor Bupati Pohuwato Senin 27 Desember 2021.

“Pelayanan pada masyarakat daerah satu negara di muka bumi ini termasuk di tingkat daerah tidak lepas dari peran kerjasama yang baik, terlebih kita masih dalam satu wilayah Provinsi Gorontalo. Tentunya kerjasama yang dimaksud yakni dalam rangka bertujuan untuk membantu memajukan daerah serta meningkatkan kesadaran masyarakat melaksanakan berbagai kebijakan dan program menguntungkan bagi seluruh wilayah yang ada di Kota Gorontalo maupun Kabupaten Pohuwato,” kata walikota Gorontalo, Marthen Taha, Senin (27/12/2021).

Marthen juga menjelaskan, walaupun Kota Gorontalo sebagai ibukota provinsi, tentunya tidak dapat bekerja sendiri-sendiri. Sinergitas dan kolaborasi program kerja lintas daerah se Provinsi Gorontalo adalah salah satu strategi demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Objek wisata yang dapat dinikmati oleh para pelancong atau wisatawan yang datang ke Provinsi Gorontalo itu ada di daerah lain seperti Pohuwato, Boalemo atau Gorontalo Utara. Nah, Kota Gorontalo sebagai ibukota provinsi tentunya selain membantu promosi pariwisata daerah lain kepada para wisatawan, juga ambil bagian dari sisi jasa. Karena sudah pasti, wisatawan akan nginap, makan dan tentunya membeli oleh-oleh di kota Gorontalo setelah mereka bersantai menikmati pesona alam dan keindahan pariwisata seperti di Pohuwato sebelum kemudian kembali ke daerah masing-masing,” ungkap sosok mantan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo tersebut.

Karena itu, kolaborasi program antar daerah sangat diperlukan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan daerah.

“Setelah ini kami akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Boalemo, selanjutnya Bonebol, Gorut dan Kabupaten Gorontalo. Namun tentunya dengan menyesuaikannya waktu pemerintah daerah setempat,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version