Pemkot Gorontalo Masuk Nominasi Penerima Penghargaan Pembangunan Daerah 2022

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-294, Pemerintah Kota Gorontalo berhasil menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Gorontalo yang masuk nominasi penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI.

“Dari informasi terakhir yang kami peroleh, tinggal kota Gorontalo satu-satunya daerah diprovinsi Gorontalo yang lolos pada ajang penghargaan PPD 2022, dari 2 daerah yang diusulkan,” kata Pejabat Fungsional Analisis Kebijakan Ahli Muda Bapppeda Kota Gorontalo, Dian Rahayu Maku, saat diwawancarai Selasa (15/03/2022).

Dijelaskan wanita yang akrab disapa Ayu itu, masuknya Pemerintah Kota Gorontalo dalam nominasi tersebut tidaklah mudah. Sejumlah mekanisme yang ditetapkan oleh panitia harus dilakukan, mulai dari hasil nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), inovasi yang dilahirkan, dan penghargaan dari BPK terhadap pengelolaan keuangan daerah yakni WTP.

“Termasuk juga dokumen perencanaan pembangunan daerah. Semua mereka (Bappenas_red) mintakan. Dan itu bukan hanya kami saja, seluruh daerah juga dimintakan hal yang sama,” jelas Ayu.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat, lanjut Ayu, Kota Gorontalo bersama daerah lain mengikuti sesi wawancara yang dilaksanakan Pemprov Gorontalo.

“Pada wawancara tersebut, Ibu Kaban Bapppeda yang diwawancarai. Hasilnya diserahkan Pemprov Gorontalo kepada Bapppenas,” sambung Ayu.

Tak lama dari penyerahan hasil tersebut, kata Ayu, pihaknya mendapatkan pemberitahuan dari Bappenas untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu menginput dokumen permintaan dari Bappenas terkait dokumen perencanaan, baik lima tahunan, maupun perencanaan tahun 2022.

“Alhamdulillah, kami dinyatakan lulus ditahap itu dan selanjutnya mengikuti tahap II yaitu wawancara. Tahap II ini dilaksanakan pagi tadi, dimana pak wali kota diwawancara dari sekretariat kabinet, Bappenas, dan tim ahli dari perguruan tinggi ternama, serta Bappenas,” tambah Ayu.

Adapun yang dipaparkan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, pada tahap wawancara, yakni gambaran umum daerah, visi dan misi RPJMD 2019-2024, aspek pencapaian pembangunan, perkembangan ketenagakerjaan, kondisi kemiskinan, indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan Kota Gorontalo, dan lain sebagainya.

Jika nantinya dinyatakan lolos dalam tahap II, menurut Ayu, pihaknya akan mengikuti tahap III, dimana Bappenas akan melihat langsung dilapangan apa yang dipaparkan pada tahap II benar atau tidak.

“Waktunya kami belum tahu. Bahkan, mereka datang nanti tanpa ada pemberitahuan kepada kami. Karena mereka tidak mengeluarkan jadwal resmi,” beber Ayu seraya berharap, seluruh lapisan masyarakat Kota Gorontalo dapat memberikan dukungan dan doa agar Pemerintah Kota Gorontalo bisa meraih penghargaan dari Bappenas ini. (*)

Exit mobile version