Pemkab Pohuwato Mulai Persiapkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

TATIYE.ID – Sebulan lagi umat Islam akan merayakan maulid Nabi Muhammad SAW, pada 8 Oktober depan atau di bulan Hijriyah pada 12 Rabiul Awal perayaan hari kelahiran nabi akhir zaman itu akan diperingati oleh seluruh umat muslim di dunia.

Khusus di Kabupaten Pohuwato, pemerintah daerah dan pemangku adat menggelar rapat persiapan maulid Nabi Muhammad SAW 144 H tingkat Kabupaten Pohuwato di ruang pola kantor bupati.

Rapat itu sendiri di impin Sekda Pohuwato, Iskandar Datau didampingi Asisten Administrasi Umum, Rusmiati Pakaya, Kabag Kesra, Ibrahim Hanafi dan dihadiri Ketua PHBI Pohuwato, Yusuf Adam, perwakilan Kemenag Pohuwato, perwakilan OPD, para camat, bate pohuwato, wu’u pohuwato dan pemangku adat lainnya, Kamis (08/09/2022).

Sekda Iskandar menjelaskan, setiap tahun perayaan hari-hari besar islam selalu diperingati, sehingga untuk maulid nabi ini tentu adalah perayaan yang bisa dikata besar, karena pada perayaan ini memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad. Tentu sebagai umatnya, maka perayaan ini selalu kita peringati.

“Di Gorontalo tentu sudah menjadi budaya dan adat istiadat bahwa setiap maulid nabi digelar dua kali yakni secara nasional dan tradisional. Untuk nasional dilaksanakan pada malam dan dilanjutkan dengan adat Gorontalo yakni dzikir atau dikili sampai pagi besoknya,” tuturnya.

Untuk itu, Sekda berharap agar perayaan ini bisa dilaksanakan dengan baik, dalam arti dimulai dari turunani pada sore hari dan dzikir/dikili pada malamnya. Untuk masjid kecamatan atau masjid besar diminta dapat melaksanakan bersamaan dengan masjid kabupaten atau Masjid Agung. Karena para pedzikir pasti banyak yang ikut pada maulid Nabi Muhammad SAW.

Terakhir Sekda Iskandar mengimbau agar partisipasi dari kita semua sangat diharapkan, terutama dari OPD dalam menyajikan walima atau tolangga yang akan dibagikan kepada pedzikir yang ada di Masjid Agung.

Exit mobile version