Pemkab Pohuwato Kembali Raih Opini WTP, Bupati: Berkat Kolaborasi Semua Pihak

TATIYE.ID (POHUWATO) – Pemerintahan Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga dan Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa telah berhasil mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) tahun anggaran 2021.

Dimana opini WTP ini merupakan kesembilan kalinya sejak tahun 2013 hingga 2021.

Penyerahan dokumen laporan hasil pemeriksaan (LHP) tersebut diterima Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga dan Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi dan didampingi Wakil Bupati, Suharsi Igirisa yang diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo, Dwi Sabardiana, S.E.,M.A.,CFrA,CSFA di Auditorium BPK, Sabtu,(28/5/2022).

Hadir pada kesempatan itu Sekda Iskandar Datau, Inspektur Daerah, Trizal Entengo, Kepala BKD, FItriani Lasantu.

Diketahui, penyerahan LHP atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato bersamaan dengan Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Gorontalo Utara yang ketiganya mendapatkan opini WTP.

Dalam kesempatan itu Bupati Saipul Mbuinga mengatakan bahwa Pemkab Pohuwato telah melaksanakan kewajiban untuk menyerahkan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo. Mengingat sebelumnya, BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo juga telah melaksanakan pemeriksaan terinci terhadap laporan keuangan pemerintah kabupaten pohuwato, dan Alhamdulillah selama proses pemeriksaan dapat berjalan lancar.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pohuwato kami menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada BPK RI Perwakilan Gorontalo khususnya kepada tim pemeriksa LKPD yang telah melakukan pemeriksaan terhadap LKPD tahun 2021. Kami meyakini, kegiatan pemeriksaan yang telah dilakukan memiliki tujuan guna menilai dan mengukur kepatuhan pemerintah daerah terhadap standar akuntasi pemerintah, transparansi pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan serta penerapan sistem pengendalian internal pemerintah,” jelas bupati.

Pada kesempatan itu pula Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten pohuwato telah memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK selama 9 kali berturut-turut atas pemeriksaan laporan keuangan dari tahun anggaran 2013 hingga tahun 2021.

“Keberhasilan tersebut tentunya tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di Kabupaten Pohuwato serta adanya bimbingan dan pembinaan dari pihak pemeriksa. Oleh karenanya, kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo dan semua pihak yang telah memberikan pembinaan, kepercayaan serta kerjasama dan sinergi yang telah terbina baik selama ini diucapkan terima kasih dan hendaknya dapat berkelanjutan serta terus kita tingkatkan dimasa depan,” tutur Saipul.

Saipul berharap predikat WTP ini menjadikan motivasi untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan daerah di tahun-tahun berikutnya.

Exit mobile version