Pemkab Gorontalo Hibahkan Tanah 5 Hektar Untuk Pembangunan Makodim

TATIYE CHANNEL (KABGOR) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo secara resmi memberikan bantuan hibah tanah pembangunan kodim di daerah ini.penyerahan itu ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dan berita acara serah terima (BAST), antara bupati gorontalo Prof. Nelson pomalingo dengan danrem 133/Nwb Kol. Czi. Arnold A.P Ritiauw, di pendopo rumah dinas bupati gorontalo,kamis (05/09/19).

Panglima komando daerah militer (Pangdam XIII/Mdk ) Mayor jendral (Mayjen) TNI Tiopan Aritonang bersama jajarannya menyaksikan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dan berita acara serah terima (BAST) tersebut.

“ kalau tidak dimulai dari sekarang, saya meminta bantuan kepada pemerintah daerah untuk lahan pembangunan kodim atau sekolah calon bintara (Secaba), maka 10 tahun lagi akan susah mendapatkan lahan di karenakan mahal dan tidak ada lagi,†Kata pangdam XXI/Mdk, ayor jendral (Mayjen) TNI Tiopan Aritonang

Permohonan bantuan, pembangunan kodim tersebut, pihaknya sejak awal telah meminta para Danrem dan Dandim untuk membangun komunikasi dengan kepala daerah guna membentuk dan membangun serta menyiapkan lahan dalam rangka pembangunan makodim.

“ Alhamndulillah, lahan pembangunan sekitar 5 hektar, hari ini telah diserahkan oleh pak Bupati Nelson yang disertakan dengan surat berita acara serah terima. prosesnya akan di laporkan keatasan guna ditinjau dalam pengalokasian anggarannya,†Kata Tiopan Aritonang

Ia menambahkan, di pusat sana alokasi anggaran diperebutkan dengan kodam- kodam lainnya karena daerah lain juga besar keinginan mereka membesarkan daerah.

“ Kita berharap dengan diserahkan berita acara akan berpengaruh pada prosesnya demi percepatan realisasi pembangunan kodim di Kabupaten Gorontalo,†ungkapnya.

Kata Tiopan Aritonang, Kemarin dirnya telah mengajak gubernur, bupati dan walikota se provinsi gorontalo menghadap Kepala Staf Angkatan Darat.

Untuk itu, dirinya mewakili  Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Gorontalo yang sudah menghibahkan tanah untuk pembangunan kodim guna kemajuan TNI di daerah ini.

Karena kata dia, TNI itu punya tiga hal yang harus dibangun, pertama adalah kekuatan, kedua kemampuan dan ketiga Profesional.

Akhir sambutannya, Tiopan Aritonang berharap pembangunan kodim di kabupaten gorontalo, kedepan kalau dapat bisa diwujudkan diseluruh wilayah. lima hingga enam kodim, sehingga daerah kabupaten gorontalo satu-satunya daerah yang mempunya kodim terbanyak.

Ditempat yang sama, bupati gorongtalo prof. nelson pomalingo menyampaikan, sejak awal pemerintah kabupaten gorontalo sudah menyiapkan lahan pembanguna kodim bahkan pembangun secaba di wilayah kabupaten gorontalo.

Ini dalam rangka, mendorong sumber daya manusia khusus bidang TNI. Karena, kata nelson arah ini sudah sesuai visi-misi pemerintah kabupten gorontalo dalam peningkatan SDM.

Kemudian, pembangunan kodim ini efeknya tetunya kepada masyarakat. Dampkanya menurut nelson ekonimi dan apalagi pembanguna secaba yang akan dikembangkan.

Tak hanya itu, dampak pembangunan kodim tentunya berdampak pada stabilitas wilayah daerah ini, keamanan dan ketertiban wilayah.

“ Kita ingin, wilayah provinsi gorontalo aman,†harap nelson.

Nelson menambahkan, saat ini di wilayah 19 kecamatan di kabupaten gorontalo, koramilnya baru lima. “idealnya, kita berharap disetiap kecamatan ada satu koramil,†tukas nelson.

Kemudian, dandim, tadinya di provinsi gorontalo baru satu, sekarang sudah ada tiga. Bahkan, kita sudah ketinggalan dengan daerah lain yakni gorut. Padahal kata dia, dilihat dari segi pelayanan, pendudukanya banyak di kabupaten gorontalo

Exit mobile version