Pemkab Gorontalo Dukung Penuh Pembangunan Unit Transfusi Darah PMI

TATIYE.ID (KABGOR) – Pembangunan Unit Transfusi Darah (UTD) di setiap kecamatan dan desa oleh Palang Merah Indonesia (PMI) mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Sekertaris Daerah Kabupaten Gorontalo yang juga ketua PMI Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir menegaskan untuk menampung darah dari aksi donor darah PMI beroleh dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo pembangunan UTD.

“Dari sisa anggaran dan fasilitas alat alatnya akan disediakan. Tahun ini mulai direalisaskan. Langkah ini untuk menampung darah sebagai upaya pemenuhan kebutuhan darah bagi masyarakat,” kata Sekda Roni pada kegiatan aksi donor darah pun di Desa Molas Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo, Minggu (7/5/2023).

Kegiatan Bakti sosial sosialisasi dan aksi donor darah dirangkaikan dengan pengukuhan Relawan Donor Darah Sukarela juga disandingkan dengan Penyerahan ratusan sertifikat Program pendaftaran tanah distematis lengkap (PTSL) kepada warga setempat.

Roni yang pernah manjadi staf diruang operasi RSUD Limboto itu pernah menyaksikan bahwa betapa pentingnya darah bagi pasien yang dioperasi

Karenanya sejak pimpin PMI Kabupaten Gorontalo dirinya bertekad membangun UTD tempat penampungan darah sehingga Ketika ada masyarakat Kabupaten Gorontalo yang butuh darah, tidak akan lari ke tempat lain.

“Tahun ini atas dukungan Pemerintah Kabupaten Goontalo UTD mulai dikerjakan, anggarannya dan alat alatnya akan dipenuhi sehingga darah yang didapati dari aksi donor darah di setiap wilayah kecamatan dan desa akan tertampung disitu,” tambah Roni.

Mantan kepala dinas kesehatan itu pun berharap kepada masyarakat untuk jangan takut melakukan donor darah.

“Orang yang sering melakukan donor darah tubuhnya jadi sehat  karena peredaran darah berganti baru,” terangnya.

Sementara itu, Camat Bongomeme, Anton Panani menambahkan, Bakti sosial sosialisasi dan aksi donor darah dirangkaikan dengan pengukuhan Relawan Donor Darah Sukarela diprakarsai karang taruna desa Molas kerjasama dengan PMI Kabupaten Gorontalo

Kepada masyarakat, Anton Panani berharap, dukungan masyarakat untuk aksi donor darah karena pemerintah Kabupaten Gorontalo akan membangun UTD dalam rangka memudahkan penampungan darah demi kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkannya.

Exit mobile version