Pemilu Damai, Aman dan Harmonis Tergantung pada Pendidikan Politik di Masyarakat

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Pelaksanaan sosialisasi sukses pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, oleh Kesbangpol Kota Gorontalo, Rabu (25/10/2023) diapresiasi dan di dukung sepenuhnya oleh Walikota Gorontalo, Marten Taha.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha menjelaskan dalam sambutannya, menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024 dinamika dan perkembangan masyarakat yang majemuk, menuntut peningkatan peran, fungsi dan tanggungjawab terutama bagi partai politik di dalam kehidupan demokrasi secara konstitusional.

“Terselenggaranya Pemilu dan Pilkada tahun 2024, bukan hanya bergantung dari tingkat parisipasi masyarakat saja. Akan tetapi bagaimana dan seperti apa pendidikan politik untuk masyarakat di Kota Gorontalo. Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk menciptakan Pemilu yang aman, damai dan harmonis melalui edukasi dan pendidikan politik seperti ini,” ujarnya.

Pelaksanaan tahapan oleh penyelenggaran Pemilu dan Pilkada, menurut Wali Kota Gorontalo sangat penting untuk diedukasikan kepada masyarakat. Hal itu dalam rangka mewujudkan masyarakat yang paham proses pelaksanaan Pemilu dan Pilkada di tahun 2024.

“Sosialisasi ini merupakan momen bagi kita semua untuk mempererat tali silahturahmi, dan menambah pengetahuan serta pemahaman bagi kita semua tentang pelaksanaan pemilu. Dan peran kita semua dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut. Demokrasi di indonesia salah satunya diimplemantasikan melalui pemilu yang dilaksanakan lima tahun sekali,” beber walikota dua periode tersebut.

“Untuk itu partisipasi masyarakat dalam pemilu sangat menentukan legalitas penyelenggaraan pemilu. Partisipasi masyarakat dalam pemilu perlu terus ditingkatkan, karena merupakan salah satu indikator tingkat kesadaran masyarakat dalam politik,” terang Wali Kota Gorontalo.

Exit mobile version