Pemerintah Mulai Selidiki Praktek Sholat ‘Goyang-goyang’ di Paguat

TATIYE.ID (POHUWATO) – Beredar sebuah video seseorang yang tengah memperagakan cara shalat menurut kepercayaan mereka, cara shalat yang mereka peragakan terlihat beda dari cara shalat pada umumnya.

Video yang berdurasi tiga menit empat detik ini mempertontonkan seseorang yang sedang menjelaskan cara shalat menurut kepercayaan mereka dihadapan pemerintah Kecamatan Paguat.

Camat Paguat, Arman Mohamad mengungkapkan, kepercayaan yang mereka anut secara pokok belum keluar dari akidah Agama Islam yang sebenarnya.

“Hasil dialog sementara, secara pokok pokok mereka punya kepercayaan itu, masih boleh dikatakan belum keluar dari akidah islam yang sebenarnya, ketika ada praktek-praktek yang aneh, yang menurut kita tidak biasa, itu akan dilanjutkan dialog dengan pimpinan mereka langsung yang ada di tolitoli, ” ungkap Arman kepada wartawan Tatiye. Id

Dari Video klarifikasi tersebut, pemerintah Kecamatan Paguat telah mengetahui bahwa cara berdiri dari penganut kepercayaan itu terbilang beda dengan cara berdiri pada umumnya saat hendak melaksanakan Shalat.

“Kalau sementara yang terungkap kemarin itu, mereka punya cara berdiri, itu salah satunya, karena ada hal-hal lain tapi saya belum sempat lihat seperti apa, itu baru informasi dari masyarakat, ” lanjut Arman

Lanjut Arman, saat ini MUI di Kabupaten Pohuwato telah menyimpulkan bahwa, sejauh ini belum ada hal-hal yang dianggap melanggar Akidah Islam. Meskipun ada beberapa praktek yang dianggap beda, hal itu akan dimintakan klarifikasi dari pimpinan mereka yang berada di Kabupaten Toli-toli.

“MUI berkesimpulan bahwa, belum ada hal yang melanggar Islam, ada praktek yang dianggap aneh, itu cuma praktek perorangan saja, tapi belum merupakan pendapat organisasi itu secara keseluruhan. Oleh karena itu, di butuhkan klarifikasi pimpinan mereka, dianggapnya kemarin itu belum tuntas.” terang Arman

Arman juga mengatakan, MUI bersama Pemda Pohuwato akan mendatangi pimpinan mereka guna meminta klarifikasi kaitan dengan dugaan pengakuan sebagai Nabi.

“MUI akan kesana (toli-toli) dengan Pemerintah Kabupaten Pohuwato. Itulah yang akan kita konfirmasi sama yang di toli-toli, apa dia yang mengaku sebagai nabi atau hanya pendapat anak buahnya.” kata Arman

https://www.youtube.com/watch?v=keouIMDs9Go&t=2s

Exit mobile version