Pemerintah Kabupatem Gorontalo Launching Inovasi Mall UKBM dan GRS

Bupati Gorontalo saat memberikan sambutan dalam launching Inovasi Mall UKBM dan GRS, (foto dok).

TATIYE.ID (KABGOR) – Dalam rangka meningkatkan Kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melaunching inovasi Mall Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) dan Gerakan Rakyat Sehat (GRS).

Kedua program ini,yakni GRS untuk bergerak di dalam pelayanan promotif dan preventif dan satunya bergerak dalam pelayanan kuratif dan rehabilitative dalam Mall UJBM untuk pelayanan secara terpadu berupa skrining teruatama pelayanan ibu hamil, balita dan lansia, layamam donor darah, pemberian vitamin kepda remaja dan sebagainya.

Launching kedua program yang berlangsung di Pasar Desa Hutadaa Kecamatan Talaga Jaya, dihadiri langsung Bupati, Wakil Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo dan Hendra Hemeto. hadir pula sekertaris Daerah Roni Sampir, Ketua LKKS Kabupaten Gorontalo, Fory Armin Naway.

Kedua program yang dilahirkan dinas kesehatan tersebut beroleh apresiasi dari Bupati Nelson, karena bagi Nelson kegiatan ini sangat luar bisa dan sangat penting, karena salah satu tugas pemimpin adalah menjaga kesehatan masyarakat.

“Program ini sejalan dengan program unggulan kita, yaitu pengembangan SDM bidang kesehatan dan pendidikan, kemajuan UMKM dan pertanian, serta trasformasi birokrasi yang efisisen,” ungkap Nelson ditemui usai kegiatan itu, Rabu (17/5/2023)

Nelson juga bangga karena atas kolaborasi dilakukan sejeumlah OPD kegiatan ini sukses dilaksanakan dan ini sebagai suatu prestasi memberikan manfaat yang besar dengan memanfaatkan anggaran secara efisien.

“Kesehatan adalah kunci untuk kecerdasan, produktivitas dan kebahagian individu. kegiatan ini dilakukan secara terpadu, meski dengan keterbatasan anggaran, namun dengan efisiensi yang tepat, pelayanan yang maksimal dapat terwujud,” terang Nelson.

Ia pun berharap program ini terus dikembangkan hingga nyasar di tingkat desa, sehingga masyarakat dapat merasakan dampaknya.

“Saya berharap bukan hanya dengan gerakan rakyat sehat, tetapi juga gerakan rakyat pintar, sejahtera, dan bahagia. hal ini juga harus dilakukan hingga tingkat desa,”harap Nelson.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Ismail Akase, menerangkan kegiatan ini bermula dari permasalahan kesehatan yang ada di daerah tersebut.

“Motivasi di balik terselenggaranya kegiatan ini berawal dari masalah kesehatan yang dihadapi Kabupaten Gorontalo. direncanakan sejak tahun lalu, dan saat ini program tersebut berhasil direalisasikan. Pada tahun sebelumnya, beberapa puskesmas juga telah melaksanakan kegiatan serupa,” terang Ismail Akase.

Ismail mengatakan bahwa tujuan utama dari program ini adalah mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan melibatkan beberapa OPD dalam kolaborasi ini, tidak hanya anggaran yang dapat diefisiensikan, tetapi manfaat yang diperoleh juga semakin besar.

“Pelayanan kesehatan yang lebih terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat adalah fokus utama dari kegiatan ini. Terlebih lagi, adanya kolaborasi antar-OPD membuat anggaran lebih efisien dan manfaat yang diperoleh semakin besar,” jelasnya.

Melalui program ini, Ismail Akaseh, diharapkan akan terjadi peningkatan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga. Selain itu, kolaborasi antar-OPD juga menjadi contoh yang baik bagi daerah lain untuk mengimplementasikan program serupa guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di seluruh wilayah.

harapannya agar program ini terus dikembangkan hingga mencapai tingkat desa. Dengan demikian, masyarakat dapat merasakan dampak yang signifikan dari upaya peningkatan kesehatan yang dilakukan. Ini adalah langkah awal yang baik. Saya berharap program GRS dapat terus dikembangkan dan menjangkau tingkat desa. Dengan kerjasama dan komitmen bersama, kita dapat mencapai masyarakat yang sehat dan berkualitas,” tandasnya

Exit mobile version