Paripurna HUT Kota Gorontalo Ke-294, Meski Dilanda Pendemi Covid-19, Banyak Capaian Terealisasi

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Di usia yang terbilang tua dimana hari ini Kota Gorontalo genap berusia 294 tahun telah banyak capaian yang sudah direalisasikan. Hal ini menjadikan Kota Gorontalo dinilai sebagai salah satu daerah yang dikategorikan sebagai wilayah yang diperhitungkan eksistensinya secara nasional.

Wali Kota Marten Taha, dalam sambutannya pada Paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Gorontalo ke-294, di Aula DPRD, Sabtu (19/03/2022) menuturkan, kedudukan, perkembangan dan pencapaian Kota Gorontalo yang telah dinikmati saat ini tentulah merupakan suatu hal yang perlu disyukuri, sebagai nikmat dan anugerah terindah yang telah diberikan oleh Allah SWT.

“Sebagai bentuk rasa syukur ini marilah kita senantiasa memberikan pengabdian kita yang terbaik bagi perkembangan
Daerah ini. Saya memberikan pengabdian demi kota ini maju lebih cepat dan akan berdiri sejajar dengan kota-kota terkemuka lainnya di indonesia,” tutur Marten Taha.

Wali Kota dua periode tersebut juga mengaku, meskipun pertumbuhan ekonomi Kota Gorontalo pada tahun 2019 sempat mencapai angka 6,95 persen, kemudian menurun secara signifikan di tahun 2020, dengan berada di minus 0,02 akibat pandemi. Namun itu berangsur membaik di 2021, dengan ditandai pertumbuhan ekonomi yang cukup positif, yakni mencapai 2,81 persen.

“Begitu juga dengan perkembangan fisik Kota Gorontalo yang menampakkan perkembangan cukup pesat. Pembenahan sarana publik yang sempat tersendat dan tertunda akibat pandemi, perlahan mulai diintensifkan,” kata mantan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo itu.

Tambah Wali Kota Gorontalo itu, indeks pembangunan manusia (IPM) meningkat beberapa poin dari tahun sebelumnya menjadi 77,41 persen, dan indeks kepuasan masyarakat (IKM) sebesar 89,20 persen.

“Di tengah perkembangan Kota Gorontalo, masih menyisakan sebagian kecil masyarakat yang belum berkecukupan, anak-anak putus sekolah dan terlantar. Sehingganya, saya mengajak seluruh elemen untuk fokus meningkatkan kinerja pelayanan, serta bekerja keras dan kerja cerdas sebagaimana visi kita sebagai kota smart,” tambahnya.

Marten juga mengimbau seluruh masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi terhadap segala program Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, yang telah ditetapkan setiap tahunnya. Dukungan dan partisipasi itu tentunya akan sangat membantu Pemkot Gorontalo, yang memang memiliki keterbatasan dalam hal pembiayaan pembangunan pada setiap tahun.

“Saya mengajak kepada kita semua Khususnya kepada seluruh unsur pemerintah kota, mulai dari tingkat perangkat daerah sampai dengan tingkat kelurahan untuk tetap fokus meningkatkan kinerja pelayanan, melalui Kerja, kerja keras dan kerja cerdas, sebagaimana visi kita Sebagai kota smart. Dengan kerja keras dan kerja cerdas, saya berkeyakinan Kota Gorontalo ini bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam rencana pembangunan lima tahun atau RPJMD,” jelasnya. (*)

Exit mobile version