Pantai Dulanga Kini Miliki Fasilitas Toilet

TATIYE.ID (GORONTALO) – Destinasi wisata Pantai Dulanga kini memiliki fasilitas toilet yang bertaraf premium. Peresmian pemanfaatan toilet yang direvitalisasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tersebut ditandai dengan penyerahan aset oleh Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf, Wawan Gunawan, kepada Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili, di Pantai Dulanga Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Selasa (7/6/2022).

“Toiletnya keren, kesannya sama dengan yang ada di hotel bintang lima,” ungkap Rifli.

Rifli menjelaskan, revitalisasi tersebut merupakan bentuk apresiasi Kemenparekraf RI atas keberhasilan Desa Wisata Religi Bubohu Bongo menjadi Desa WisataTerbaik Kedua untuk kategori desa wisata berkembang. Revitalisasi toilet itu menjadi percontohan bagi destinasi dan desa wisata lainnya yang ada di Gorontalo.

“Di Indonesia baru ada empat toilet seperti itu yang dibangun oleh Kemenparekraf. Tujuannya, disamping atraksi dan aksesibilitasnya, dari sisi amenitasnya pembenahan toilet di destinasi wisata itu menjadi prioritas utama,” ujarnya.

Kadis Pariwisata Provinsi Gorontalo menambahkan, keberadaan toilet menjadi cerminan bagusnya pengelolaan satu destinasi wisata. Bahkan kata Rifli, salah satu penekanan Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke destinasi wisata Likupang yaitu menyangkut tersedianya fasilitas toilet yang premium di setiap destinasi wisata.

“Oleh karena itu ke depan baik pengelola destinasi wisata, Dinas Parawisata Kabupaten/Kota bisa melanjutkan program ini dengan membangun fasilitas toilet yang bagus dan premium,” tandas Rifli.

Exit mobile version