Padang Pengembangan Ternak, Untuk Program Sejuta Sapi Terus Digenjot

TATIYE CHANNEL (KABGOR) – Rapat Pertemuan Hasil Survey Calon Lokasi Padang Pengembalaan Ternak Kabupaten Gorontalo berlansung di ruang Madani Kantor Bupati Gorontalo Kamis (12/9).

Dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Ir. Hadijah U. Tayeb. MM, dihadiri Asisten II Drs. Asri. Tuna, Kadis Peternakan, Kabag Hukum Tim Survei. 

Sekda Hadijah yang di temui oleh awak media usai rapat  menyampaikan “selama ini kami mencari lokasi yang alhamdulilah telah ditemukan, yang memang tumbuh dari bawah kurang lebih 100 – 150 ternak sapi dalam lahan 104 hektar milik perorangan di Desa Motoduto, Kecamatan Boliyohuto” kata Sekda Hadijah

Lanjut Hadijah, Maka peran Pemerintah Daerah untuk memberikan sentuhan teknis seperti penataan lokasi, sehingga peternakan ini bisa berkembang baik dan sehat.

Dari hasil survei akan dilaporkan kepada Bupati Gorontalo dan pasti Pemerintah mengambil bagian peternakan pengembalaan ini yang anggarannya akan dituangkan pada APBD 2020

“Sehingga kedepanya kita sudah punya salah satu percontohan padang pengembalaan  yang tumbuh dari bawah, karna harapan Bupati Kabupaten Gorontalo sebagai lumbung ternak sapi”, tandas Hadijah. 

Sementara Kadis Peternakan Ir. Femmy Wati. Umar, M.Sc menambahkan dari beberapa survei kami lakukan, alhamdulilah telah mendapatkan lahan 104 hektar di Desa Motoduto Kecamatan Boliyohuto. 

Dimana yang insya allah menjadi model padang pengembangan rakyat sehingga menjadi percontohan untuk masyarakat yang lainnya. 

“Kami berharap menjadi salah satu program di sektor peternakan Pemerintah Daerah untuk program sejuta sapi terutama dari sisi faritas pakan ternak. Jadi keiginan kita kedepan untuk menambah populasi padang pengembalaan ini bisa dengan sentuhan – sentuhan teknologi seperti pelaksanaan Ibe”, pungkas Femy.

Exit mobile version