Nelson bersama Pj Gubernur Panen Jagung di Desa Helumo

Nelson bersama Pj Gubernur, Ismail Pakaya melakukan panen raya jagung di Kecamatan Mootilango, (foto hms).

TATIYE.ID (KABGOR) – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo bersama Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya melakukan panen raya di Desa, Helumo, Kecamatan Mootilango, Sabtu (5/8/2023).

Kegiatan yang diinisiasi Kelompok Tani Pengadian II ini dirangkaikan dengan Silaturrahmi Pj. Gubernur Gorontalo di Desa Helumo Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo dengan menguang Tema “MOHIMELU RAKYATI

Dalam sambutannya, Bupati Nelson menyampaikan rasa bangganya terhadap masyarakat di wilayah mootilango serta pada umumnya kompen masyarakat Boliyohuto Cs khususnya petani yang terus berkembang hasil Produksinya.

Karena kata Nelson, Pemerintah daerah terus mendorong kemandirian pangan sehingga tidak sekedar padi dan jagung tapi juga beberapa komoditi lainnya.

Bahkan Nelson mengakui perkembangan usaha masyarakat lain seperti bidang peternakan, sapi dan ternak ayam.

Lanjut Nelson, Tadi disampaikan kepala BPS, panen ini kurang lebih 10, 4 ton/ hertar. Ini kata Nelson menunjukan babwa setiap hektar kurang lebih 35 – 40 juta.

“Kalau produksinya demikan berarti rata – rata 20 juta per hektar perndapatan bagi masyarakat kita,” kata Nelson.

Dari hasil produksi dab pendapatan masyarakat ini Nelson berharap dapat menurunkan kemiskinan pada umumnya di Provinsi Gorontalo serta khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Gorontalo.

Nelson menyampaikan juga atas kehadiran Pj. Gubernur Gorontalo. Karena bagi Nelson, ini adalah upaya memberikan semangat kepada rakyat dan pemrintah Kabupaten Gorontalo dalam percepatan proses pembangunan di daerah ini.

Dalam kesempatan itu, Bupati Nelson melaporkan, Bulan september nanti akan ada kegiatan dunia di Kabipaten Gorontalo World Coconut Day atau hari kelapa se dunia.

” Hampir 20 Negara penghasil kelapa akan datang di Gorontalo, tahuh lalu berada di India dan tahun ini tuan rumah Indonesia dan kebetulan di pusatkan di Kabupaten Gorontalo,” jelas Nelson.

Ia juga mengatakan, kegiatan dunia ini berada di Kecamatan Mootilango yaitu di desa Bondula. Selain menjadi tuan rumah hari kelapa se dunia, Pemerintah Kabupaten Gorontalo tengah mempersiapkan pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) ke XVII tahun 2026

“Saat menerima kunjungan Tim KTNA Nasional ke XVII kabupaten Gorontalo disampaikan layak menjadi tuan Rumah. Pekan Nasional KTNA yang dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo akan dihadiri 30 hingga 50 Ribu Petani dan nelayan di seluruh Indonesia sehingga ini akan memberikan dampak positif bagi Kabupaten Gorontalo, dari sektor ekonomi maupun pariwisata,” tandasnya.

Exit mobile version