Nelson Bekali 1070 Mahasiswa Peserta KKS Tematik IAIN Gorontalo dengan ‘Bersinar’

Bupati Gorontalo saat memberikan pembekalan kepada 1070 mahasiswa peserta KKS-T IAIN Sultan Amai Gorontalo

TATIYE.ID (KABGOR) – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo membekali 1070 mahasiswa yang akan mengikuti Kuliah Kerja Sosial Tematik (KKS-T) IAIN Sultan Amai Gorontalo, Rabu (1/2/2023).

Pembekalan yang dipusatkan di aula kampus 2 IAIN Gorontalo itu, Nelson mengingatkan kepada para peserta KKS-T memerangi Narkoba dengan mencetuskan desa Bersinar (Bersih Narkoba).

Nelson mengatakan desa atau kelurahan Bersinar ini memiliki kriteria tertentu didalam melaksanakan program pencegahan pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) secara masif.

“Disini, pemerintah desa/kelurahan berkewajiban melakukan pembinaan ketentraman dan keterlibatan masyarakat desa sekaligus juga memberdayakan mereka dalam memerangi P4GN ini,” kata Nelson.

Desa Bersinar pun lanjut Bupati Gorontalo dua periode itu, memiliki tujuan yakni melakukan pendampingan masyarakat agar desa bersih narkoba secara partisipatif terpadu dan berkelanjutan yang basisnya pendayagunaan sumber daya desa.

Tidak hanya itu,  desa Bersinar memiliki tujuan meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam memfasilitasi desa bersih narkoba. Untuk menunjang hal ini pemerintah mendukungnya lewat dana desa.

“Karenanya dana desa harus dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dan sewajarnya untuk menciptakan pembangunan dan pemberdayaan desa menuju masyarakat yang adil makmur dan sejahtera,” lanjut Nelson.

Oleh karena itu, ia berharap agar desa Bersinar bersih dari narkoba ini harus mendapatkan dukungan semua pihak, termasuk mahasiswa IAIN sendiri agar menciptakan wilayah, desa, kecamatan yang bersih dari Narkoba untuk daerah kita Kabupaten Gorontalo.

Exit mobile version