Musim Kemarau, PDAM Kabgor Andalkan IPA Biyonga

TATIYE CHANEL (KABGOR) – Instalasi Pengolahan Air (IPA) di kelurahan Biyonga menjadi andalan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) dimusim kemarau saat ini. Sebagaimana yang diungkapkan Plt.

Direktur PDAM Kabgor, Moh. Erwan Tone ketika dihubungi wartawan sore ini. “IPA di Biyonga menjadi andalan kami ketika musim kemarau saat ini. Ya, untuk menjaga ketersediaan air, IPA Biyonga saat ini menjadi tempat pengambilan air yang didistribusikan oleh pihak kami ke masyarakat yang mengalami krisis air,” kata Erwan.

Dijelaskannya, dari beberapa IPA yang ada, hanya IPA Biyonga yang normal ketersediaannya. Dimana, setiap detik IPA yang mendistribusi air ke seluruh wilayah Kecamatan Limboto dan Limboto Barat ini mampu menghasilkan 100 liter. Sementara IPA Bulota yang melayani masyarakat kelurahan Hutuo dan Telaga CS perdetiknya hanya mampu menghasilkan 4 liter. “Musim kemarau kali ini, IPA Biyonga mampu menghasilkan 100 liter per detik. Sementara IPA Bulota, Barakati dan Isimu hanya mampu menghasilkan  3-4 liter per detik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Erwan menjelaskan, dalam mengantisipasi krisis air bersih di Kabupaten Gorontalo pihaknya sudah bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabgor, BPBD Kabgor dan Balai Sungai Gorontalo.

Dimana, pihaknya dan beberapa stoke holder tersbut terus mendistribusikan air secara mobile yang operasionalnya ditanggung oleh PDAM Kabgor. “Selain menggunakan mobil penampung air PDAM Kabgor, pihak kami juga sudah meminta kerja sama kenderaan penampung air milik Dinsos dan BPBD Kabgor untuk mendistribusikan air ke masyarakat yang alami krisis air.

Operasionalnya ditanggung oleh kami,” tandas Erwan dan mengatakan masyarakat juga bisa langsung mengambil air bersih di IPA Biyonga tanpa ada syarat apapun. “Masyarakat juga bisa mengambil sendiri air di IPA Biyonga, tanpa syarat apapun,” tegas Erwan.

Selain pendistribusian air secara mobile, kata Erwan, untuk mengantisipasi musim kemarau pihaknya saat ini tengah berlakukan sistem gate valve. “Kami juga tengah berlakukan sistem gate valve,” ujar Erwan 

Terakhir, Erwan berharap dukungan masyarakat terkait program PDAM Kabgor dalam menyediakan dan mendistribusikan air bersih saat musim kemarau kali ini. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat berdoa agar musim kemarau ini segera berakhir. “Saya harap masyarakat bersabar dan mendukung kami Terkait ketersediaan air bersih musim kemarau kali ini,” tutup Erwan.(*)

Exit mobile version