Mulai Terapkan SIAK Terpusat, Pemkot Launching Aplikasi Identitas Kependudukan

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Demi meningkatkan pelayanan kependudukan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Gorontalo, Selasa (26/07/2022) melaunching aplikasi identitas kependudukan yang diprakarsai Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (DKPS) Kota Gorontalo.

“Jadi aplikasi identitas kependudukan ini sangat penting dan strategis bagi anggota masyarakat. Kenapa?, karena ini akan memudahkan masyarakat memiliki yang namanya single identity atau identitas tunggal hanya dengan aplikasi yang ada di Smartphone kita,” kata Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Selasa (26/07/2022).

“Dengan aplikasi ini kita sudah bisa memperoleh pelayanan menyeluruh baik yang ada di kota Gorontalo dan juga bisa kita pakai untuk kepentingan-kepentingan lain karena dengan aplikasi itu kita tidak perlu khawatir lagi jika lupa bawa KTP tidak apa-apa karena kita bisa buka melalui smartphone identitas kita,” lanjutnya.

Hanya memang untuk penerapannya sementara masih di fokuskan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan pemerintah kota Gorontalo.

“Langkah-langkah yang kita lakukan sekarang pertama ke seluruh ASN dulu. Jadi ASN wajibkan untuk punya aplikasi tentang digital kependudukan di semua smartphone-nya, kemudian kita akan kembangkan ke masyarakat melalui sekolah-sekolah dan perguruan tinggi nanti sesudah itu ke masyarakat umum,” ungkap Wali Kota dua periode tersebut.

“jadi dari total 201.728 jiwa penduduk kota Gorontalo Yang ada sekarang ini sudah harus punya aplikasi ini sehingga memudahkan mereka di dalam memperoleh layanan dari pemerintah. Target Tahun 2022 ini minimal 50% dari jumlah penduduk kita sudah punya aplikasi tentang digital kependudukan ini dan tahun 2023 itu minimal pertengahannya sudah 100%,” jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kadis Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (DKPS) Kota Gorontalo, Yusrianto Kadir menambahkan, sejatinya kota Gorontalo sudah menerapkan sistem informasi administrasi kependudukan terpusat atau yang disebut dengan SIAK terpusat sejak tanggal 20 Mei 2022 dan hari ini Alhamdulillah Pak Walikota sudah meluncurkan untuk penggunaan dari identitas digital kependudukan yang pertama dikhususkan untuk para ASN di lingkungan pemerintah kota Gorontalo.

Jadi diharapkan aplikasi ini akan mempermudah dan mempercepat layanan administrasi kependudukan bagi warga Kota Gorontalo.

“hari ini kita lakukan launching dan insyaAllah kita akan eh lakukan sosialisasi dan informasi seluas-luasnya tentang penggunaan aplikasi identitas digital kependudukan,” harapnya.

Terkait bagaimana dengan kedudukan KTP elektronik apakah sudah tidak digunakan lagi, Yusrianto menegaskan
peran dari KTP elektronik bukan tidak digunakan lagi tapi tetap masih bisa, sebab ada juga masyarakat yang tidak bisa mengoperasikan smartphone sehingga kesulitan dalam mengakses aplikasi identitas digital ini.

“ada warga yang tidak bisa menggunakan Android atau dia tidak bisa mengoperasikan Android, Nah KTP fisik itu masih berlaku untuk mereka yang memang tidak bisa apalagi yang umurnya sudah tua jadi kita tetap di capil itu akan melakukan pelayanan,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version