Miliki Segudang Pengalaman Birokrasi, Ishak Ntoma Bakal Jadi Rebutan

TATIYE.ID (POLITIK) – Suasana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) semakin hangat dengan mencuatnya nama Ishak Ntoma sebagai figur yang dipandang sebagai wakil paling pas jika disandingkan dengan beberapa tokoh yang digaungkan akan maju sebagai Bupati Bone Bolango di Pilkada nanti.

Ishak Ntoma merupakan salah salah satu sosok yang juga memiliki peran penting di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bone Bolango dengan segudang pengalaman dan prestasi yang dimilikinya.

Nama itu pun sudah tidak asing lagi di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Provinsi Gorontalo hingga kini dirinya mendapat julukan Panglima ASN.

Pria kelahiran 06 November 1964 itu mulai merajut karirnya usai menjadi lulusan di salah satu Universitas ternama di Indonesia yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan meraih gelar Insinyur pada tahun 1998.

Adapun tugas dan tanggungjawab yang diemban pertama kali oleh pria dengan nama lengkap Ir. H. Ishak Ntoma M.Si itu usai menggeluti dunia perkuliahan selama 5 tahun yakni dengan menjadi Tenaga Konsultan di Lembaga Konsultasi Pembinaan Pertanian (LKPP) YP3 MGR Sulawesi Utara.

Kala itu Ishak juga termasuk salah satu yang merintis Sekolah Menengah Teknologi Pertanian Gotong Royong. Dirinya memulai karir baru di sektor Pertanian dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang saat itu menjabat Staf Sie Wilayah Terpadu, Bidang Pertanian Umum Kanwil Departemen Pertanian Sulawesi Utara.

Ishak Ntoma mulai menjajak karirnya di lingkungan Pemerintahan dengan menjadi Kepala Sub Bagian Penyusunan Rencana Kegiatan Bappeda Provinsi Gorontalo di masa kepemimpinan Gubernur Gorontalo H. Tursandi Alwi pada tahun 2001 silam.

Karir Ishak Ntoma terus bersinar hingga akhirnya di tahun 2014 dirinya resmi dilantik sebagai Sekretaris Daerah oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou. Dimana sebelumnya ia telah menjabat Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setda Kab. Bone Bolango, Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan Setda Kab. Bone Bolango.

Selama 2 periode menjabat sebagai Sekretaris Daerah, hingga saat ini telah banyak prestasi yang ditorehkan oleh Ishak Ntoma sebagai Sekda untuk Kabupaten Bone Bolango salah satunya yaitu meraih peringkat empat Standar Pelayanan Minimal (SPM) nomor empat secara Nasional dan nomor satu di Indonesia Timur.

Demikian keterlibatan Ishak Ntoma sebagai Calon Wakil Bupati di Pilkada yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024 nanti akan dianggap sebagai opsi yang sangat menjanjikan, mengingat kinerja dan kompetensinya di pemerintahan dengan segudang prestasi yang dimilikinya sebagaimana dengan ulasan sekilas profil tentang Ishak Ntoma diatas.

Exit mobile version