Milad ke-10 Duango Adati Lo Hunthalo, Marten Taha Ajak Lestarikan Adat Budaya Daerah

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Ahad 5 Maret 2023, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha yang hadir pada acara Milad ke-10 tahun 1444 H Pengurus Dewan Adat atau Duango Adati Lo Hunthalo berharap mayarakat Gorontalo, khususnya di Kota Gorontalo untuk terus menjaga dan melestarikan adat budaya daerah agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

Peringatan HUT Duango Adati Lo Hunthalo, yang dilaksanakan di di Rumah Adat Dulohupa Kota Gorontalo tersebut selain dihadiri Wali Kota Gorontalo, juga dihadiri seluruh Dewan Adat dan pemangku Adat se Provinsi Gorontalo.

Marten Taha usai kegiatan mengatakan sangat mengapresiasi pengurus Dewan Adat yang telah melestarikan sekaligus mensosialisasikan Adat Gorontalo kepada masyarakat hingga saat ini. Dimana sebagai daerah yang menjunjung tinggi adat dan budaya, sudah seharusnya masyarakat Provinsi Gorontalo tahu, paham dan menerapkan nilai-nilai adat dalam kehidupan sehari-hari.

“Dalam melestarikan adat dan budaya kita harus kembangkan tiga nilai yang hakiki, yaitu nilai-nilai dasar, instrumen dan nilai praksis, apa yang telah ditanamkan oleh para leluhur kita, itu yang harus kita pelihara,” kata Wali Kota dua periode tersebut.

“Setiap pelaksanaan kegiatan atau hajatan di tengah masyarakat seperti perkawinan bahkan hingga proses pemakaman tidak lepas dari balutan adat. Dan ini salah satu bentuk pelestarian adat Gorontalo yang harus terus disosialisasikan kepada generasi muda sehingga tidak punah dimasa yang akan datang,” tambahnya. (*)

Exit mobile version