Merlan Uloli Ajak Petani Terapkan Tiga Kali Panen Dalam Setahun

TATIYE.ID (Bonebol) – Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli mengajak petani di Desa Toto Selatan, Kecamatan Kabila, meningkatkan produktivitas dengan menerapkan tiga kali tanam dan tiga kali panen dalam setahun.

Hal tersebut diungkapkanya usai melakukan panen padi bersama Kelompok Tani Melati Jaya di lahan Usaha Muchtar Arsad Rahman, Desa Toto Selatan, Kecamatan Kabila, Selasa 17/1/2023.

“Kita berharap tahun ini bisa 3 kali panen, tidak hanya cerita, tetapi ini harus di buktikan dengan komitmen, kemudian ada pendampingan, dan harus ada kesabaran,” tegasnya.

Merlan juga mengingatkan kepada instansi terkait agar terus memberikan dukungan kepada para petani, baik sarana maupun prasarana yang dibutuhkan dan membantu kendala-kendala yang dihadapi petani sehingga produktivitas padi lebih baik.

“Kemarin ada keluhan dari petani, katanya tidak ada guna menanaman padi kalau tidak ada pupuk. Nah tentunya ini harus menjadi perhatian kita pihak Pemerintah serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian,” jelasnya.

Dengan 3 kali musim tanam dan panen ini diharapkan Merlan dapat memenuhi kebutuhan beras didaerah dan tidak ada lagi beras dari daerah lain yang masuk, sehingga kesejahteraan para petani di Bone Bolango akan meningkat.

“Kita di Bone Bolango ini di untungkan karena ada irigasi, jadi kita punya irigasi ini yang membuat kita harus lebih baik untuk panen,” ucapnya. (Adv/Lan)

Exit mobile version