Menarik, Pemilos Spenlibels Dilaksanakan Layaknya Pemilu

TATIYE.ID (GORONTALO) – Cara berbeda dilakukan SMP Negeri 15 (Spenlibels) Kota Gorontalo dalam mensuskseskan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis (Pemilos) periode 2022 – 2023.

Lewat tangan dingin Kepala Spenlibels, Salman Suratinoyo, Pemilos tersebut digelar perdana layaknya Pemilihan Umum (Pemilu)

Dalam kesempatan itu, Salman Suratinoyo menjelaskan, pemilihan ketua Osis kali ini dilakukan secara demokrasi yang dirangkaikan dengan projek profil pelajar Pancasila.

“Sebagai sekolah penggerak, Spenlibels diberikan anggaran dari pemerintah pusat untuk memberikan penguatan – penguatan yang salah satu temanya adalah suara demokrasi,” jelasnya, Selasa (27/9/2022)

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Kota Gorontalo, Muhammad Fadly Thaib memberikan apresiasi atas pelaksanaan tersebut.

Pasalnya, proses Pemilos merupakan sarana dalam memberikan penguatan bagi siswa tentang proses mekanisme tahapan dan pelaksanaan Pemilu.

“Saya berharap Pemilos Spenlibels menjadi contoh dan bisa diterapkan di sekolah – sekolah lain. Karena proses demokrasi harus digalakkan sejak dini dalam mensukseskan Pemilu kedepan” tandasnya.

Sebagai tambahan informasi bahwa, tahapan Pemilos Spenlibels diawali dengan pendaftaran calon yang dibuka pada 5 – 16 September. Selanjutnya masa kampanye digelar pada 23 September.

Sementara untuk debat calon dilaksanakan pada 26 September, hingga pemilihannya berlangsung pada 27 September dengan melahirkan 3 calon Ketos. (**)

Exit mobile version