Melalui Baznas Kota Gorontalo, Marten Serahkan Bantuan Logistik Jelang Ramadan 1443 H

Foto Humas

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-294 Kota Gorontalo tahun 2022, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Gorontalo menyalurkan bantuan kebutuhan bahan pokok kepada sekitar 1.150 fakir miskin.

Bertempat di Bandayo Yiladia rumah dinas Wali Kota, Kamis (17/03/2022), bantuan kepada fakir miskin tersebut diserahkan Wali Kota Gorontalo secara simbolis. Dimana kata Marten Taha selama kurun waktu dua tahun terakhir Pandemi Covid-19 mempengaruhi seluruh sendi kehidupan. Terlebih yang paling merasakan dampaknya adalah masyarakat berpengasilan rendah.

“Sebagai bentuk perhatian dalam meringankan beban masyarakat, pemerintah Kota Gorontalo melakukan berbagai upaya salah satunya penyaluran bantuan kebutuhan pangan didukung dari BAZNAS,” kata Marten Taha.

Tambahnya, pPemerintah terus berupaya bagaimana masyarakat memperoleh kebutuhan pokoknya,. Karena jika kebutuhan dasarnya terpenehuni, maka sambil jalan tentunya bertahap dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat yang lebih baik.

“Makanya dalam melakukan kegiatan kemasyarakatan maupun pelaksanaan pembangunan, kami berharap betul-betul dapat memberi dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Gorontalo,” tambahnya.

Sementara itu Ketua BAZNAS Kota Gorontalo, Marzuki Pakaya menyampaikan pembagian bantuan paket logistik ini merupakan kewajiban bagi BAZNAS untuk disalurkan kepada masyarakat yang wajib menerima. Seluruh anggaran yang terkumpul melalui BAZNAS bersumber dari masyarakat yang wajib Zakat atau Muzakir.

“Ada seribu 150 jiwa yang menerima bantuan yang ada di seluruh kelurahan yang ada di Kota Gorontalo, jadi kalau ditotal itu satu paket harganya 200 sampai 250 ribu sebab disitu ada susu, ada minyak kelapa, beras, ikan kaleng, gula, kopi dan teh. Jadi ada tujuh macam kebutuhan pokok yang diterima warga,”ungkapnya.

Marzuki Pakaya juga menjelaskan anggaran yang terkumpul terdiir dari zakat mal perorangan, Infak dan sedekah serta zakat fitrah. Sementara jenis bantuan yang diberikan berupa uang tunai, bahan pangan, bantuan pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, sector ekonomi, Dakwah dan Advokasi. (*)

Exit mobile version