Materi Potensi Cedera Pada Atlet Oleh dr. Irawan Tuai Respon Positif Peserta Pelatihan

TATIYE.ID (SPORT) – Peserta platihan Pelatih Sepak Bola Lisensi C tahun 2022 yang digelar berkat kerjasama Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan Asprov PSSI Gorontalo, Jum’at (23/09/2022) mendapat materi yang cukup bermanfaat terkait kesehatan.

Ya, pada pelatihan pelatih tersebut salah satu narasumbernya adalah dr. Irawan Huntoyungo, M.Kes, SP.OT seorang dokter ahli dalam bidang ortopedi sekaligus sosok dokter pertama di tanah air yang menjadi Ketua KONI.

Materi yang dibawakan juga cukup mengena dan sangat dibutuhkan oleh para pelatih muda sepakbola yakni tentang penanganan cedera pada Atlet. Menurut Irawan, seorang pelatih harus mampu mengetahui kondisi atlet, karakteristik cabang olahraga dan lingkungan sarana olahraga yang digunakan serta lingkungan fisik.

“tiga aspek ini sangat penting dan dapat mempengaruhi terjadinya cedera pada atlet, kodisi Individu misalnya ditinjau dari aspek usia, jenis kelamin, karakter, pengalaman, pemanasan dan kelainan postur. Sarana Olahraga juga sangat penting untuk mengetahui bentuk dan ukuran peralatan, termasuk suhu atau kelembaban udara,”ujarnya.

Tambah Irawan Huntoyungo dengan materi ini mengharapkan melalui pemahaman tentang cedera para pelatih yang ada di Provinsi Gorontalo khususnya yang mengikuti pelatihan ini mampu mengetahui tentang faktor-faktor penyebab cedera olahraga sekaligus mengenali tanda-tanda cedera pada atlet sehingga ini bisa di minimalisir sejak dini.

“Harapan saya tentu ilmu yang diberikan pada materi ini dapat bermanfaat serta dapat diimplementasikan dilapangan,” harapnya.

Sementara itu, Saiful Yahya salah seorang peserta pelatihan mengaku sangat terkesan dengan materi-materi yang diberikan para instruktur seperti halnya terkait kesehatan yang diberikan dr. Irawan.

“Materi ini sangat bagus, kita pelatih cukup sering dipertemukan dengan kondisi seperti ini. Sehingga bagi saya ilmu ini sangatlah bermanfaat dan menunjang profesi kita,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version