Marten Taha Lepas Jamaah Haji Kota Gorontalo, Ini Pesannya

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Ibadah haji merupakan sebuah ibadah yang menjadi bagian dari salah satu rukun Islam wajib bagi umat muslim yang mampu. Ibadah inipun sangat diimpikan oleh semua kaum muslimin, sehingga mewakili pemerintah, Walikota Gorontalo, Marten Taha berpesan agar ibadah haji ini bukan hanya sekedar dapat menunaikan ibadah haji ke tanah suci saja tapi sekaligus sebuah kehormatan kepada seorang hamba Allah karena telah mendapatkan panggilan berangkat menuju baitullah.

“Pada kesempatan ini saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Gorontalo, dengan suka cita dan turut berbahagia menyampaikan selamat atas diberangkatkannya calon jamaah haji Kota Gorontalo tahun 1443 H atau tahun 2022 M ke
tanah suci,” kata Marten.

Dalam sambutannya, Marten menuturkan, keberangkatan ini merupakan hal yang wajib kita syukuri, karena seperti yang telah kita ketahui pemberangkatan jamaah haji dua tahun sebelumnya dibatalkan dengan memprioritaskan keselamatan dan kesehatan seluruh jamaah, karena situasi pandemi Covid-19 waktu itu yang belum kondusif.

Nah, tahun ini pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan terbukanya kembali kuota bagi calon jamaah haji Indonesia,
sehingga bapak-ibu yang masuk ke dalam rombongan dalam kuota wajib bersyukur, yang diwujudkan dengan menjaga
kesehatan serta beribadah dengan sebaik-baiknya.

“Saya tetap menghimbau kepada seluruh calon jamaah haji Kota Gorontalo, untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin. Sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik. Selanjutnya walaupun dinilai telah kondusif, namun Covid-19 masih ada dan keberadaannya sangat nyata, meskipun kita tidak menyadarinya. Mengingat banyak calon jamaah haji yang usianya sudah lanjut, maka akan sangat bijaksana untuk saling melindungi melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat,” himbau Wali Kota Gorontalo dua periode tersebut.

Meskipun bapak-ibu telah mendapatkan vaksinasi covid-19, Marten berharap bapak-ibu calon jama’ah haji, untuk dapat mengkondisikan diri meningkatkan kesabaran dan menata niat secara tulus guna mendapatkan ridho dari Allah SWT, berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur makan, minum dan istirahat yang cukup, sehingga mampu menjalankan seluruh kewajiban, rukun, serta sunnah Ibadah haji.

Begitu pula dengan budaya tolong-menolong dan saling menjaga di tanah suci, memperluas ukhuwah islamiyah dengan sesama jamaah, sebagai bentuk iman kepada Allah SWT. Selain itu, yang harus diingat bahwa di tanah suci yang merupakan negara asing, dimana kita jauh dari keluarga. Oleh karena itu dengan terjalinnya ukhuwah islamiyah diantara jamaah akan menjadi penolong dikala jauh dari keluarga.

“Saya menghimbau bapak ibu jama’ah calon haji untuk senantiasa disiplin mengatur waktu dan mengikuti arahan pembimbing serta petugas haji yang ditunjuk. Jadwal dan waktu yang telah ditentukan hendaknya diperhatikan dan diikuti dengan baik, sehingga bapak ibu dapat mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji sejak mulai dari tanah air hingga tanah suci nanti,” ungkap Marten.

“Budayakan Untuk selalu tepat waktu di manapun berada, sehingga keseluruhan jamaah juga dapat tepat waktu dan tidak tertinggal dalam mengikuti jadwal,” harapnya.

Terakhir Marten Taha berpesan kepada seluruh calon jamaah haji, yakni untuk mendoakan Kota Gorontalo. Selain berdoa untuk diri dan Keluarga yang ditinggalkan, doakan juga agar Kota Gorontalo yang kita cintai ini senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, terbebas dari bencana dan mampu mengurai berbagai macam permasalahan yang tengah Dihadapi.

“Tidak lupa saya berpesan, untuk senantiasa mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, dimanapun dan kapanpun karena setiap individu dan masyarakat seluruhnya, adalah garda terdepan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19. Sehingga ikhtiar kita seperti itu saya yakin dan percaya insyaAllah jama’aah calon haji kota Gorontalo sehat selalu dan bersemangat dalam beribadah,” pesan Marten.

Akhirnya saya ucapkan selamat jalan, selamat Menunaikan ibadah haji, semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan memberikan kesehatan kepada bapak-ibu jama’ah calon haji Kota Gorontalo selama menunaikan ibadah haji. InsyaAllah bapak dan ibu beroleh predikat haji yang mabrur dan pulang ke tanah air juga dengan selamat,” tutupnya.(*)

Exit mobile version