Makna Haornas Bagi Tiga Ketum KONI Gorontalo

TATIYE.ID (SPORT) – Memaknai peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-40 Tahun 2023, sudah saatnya masyarakat menjadikan olahraga sebagai gaya hidup. Karena dengan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup, maka secara tidak langsung akan melahirkan masyarakat yang bugar dan potensi lahirnya atlet-atlet berprestasi lebih besar kedepannya.

“Sudah saatnya Olahraga menyusup masuk lebih dalam ke seluruh lapisan masyarakat, tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan, di desa maupun kota,” kata Ketua KONI Provinsi Gorontalo dua periode, MN. H. Fikram AZ. Salilama, S.Ip, Jum’at (8/9/2023).

Komentar senada juga disampaikan mantan Ketua KONI Provinsi Gorontalo, DR. Marten A. Taha yang menuturkan bahwa budaya olahraga tidak dapat tumbuh secara instan, tetapi harus dilakukan melalui proses berjenjang dan berkelanjutan.

“Mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga hingga komunitas masyarakat yang lebih besar. Oleh karena itu sangat dibutuhkan peran serta keluarga, dengan menerapkan pola hidup aktif dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu DR. Rustam HS. Akili mantan ketua KONI Provinsi Gorontalo ketiga yang sukses di PON 2016 Jawa Barat memberi apresiasi kepada seluruh komponen daerah yang telah menggerakkan masyarakat untuk berolahraga dan bekerja keras membina atlet hingga mencapai prestasi terbaik.

“Kami bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh putra putri terbaik bangsa,” pungkasnya.

Tambah Rustam Akili, persoalan klasik yang sering timbul saat momen Haornas ialah mengenai suksesi pembinaan atlet, kepedulian terhadap atlet dan masa depan atlet serta peningkatan sarana olahraga.

“Profesi atlet olahraga sebenarnya memiliki peluang cukup cerah asalkan memberikan prestasi bagi negara atau minimal daerah. contohnya saja atlet sepak takraw kita yang berkat prestasinya kini sudah menjadi ASN di Kementrian Pemuda dan Olahraga serta fokus kegiatannya ialah berlatih meski menjadi abdi negara,”ungkap sosok yang juga staf ahli wakil Ketua DPR RI tersebut. (*)

Exit mobile version