Lomba Dayung FPDL 2023 Diikuti 19 Regu

Peserta lomba dayung Festival Pesona Danau Limboto, (foto dok).

TATIYE.ID (KABGOR) – Dalam rangka meriahkan Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo, menggelar lomba perahu dayung.

Lomba yang diikuti 19 regu tersebut dilaksanakan di danau Limboto Desa Pentadio Barat Kecamatan Telaga Biru,Rabu (20/6/2023).

Kepala Dinas Perikanan, Ibrahim Jantu, mengatakan, agenda ini dilaksanakan setiap tahun. Kita absen hanya tahun 2020 karena pandemi (Covid).

Ibrahim Jantu mengatakan, peserta berasal dari warga yang tinggal dipesisir danau limboto. Kecamatan Limboto, tabongo, telaga biru dan desa warga nelayan di desa Hutadaa

Sementara itu, Chaerunnisa, Kepala bidang budidaya menambahkan, dalam lomba itu peserta terdiri dari dua orang dalam satu perahu.

“Aturan main, ada lintasan dayung memiliki dua tikungan. Jika keluar dari arena lintasan dianggap gugur. Demikian pula ketika memasuki finish peserta harus memukul bola yang digantung pertanda peserta memenangkan lomba, ” Jelasnya.

Ia menjelaskan, 19 regu pendaftar sehingga total jumlah peserta 38. Total bonus Rp.8.250.000 untuk juara satu, dua dan tiga sampai juara harapan satu sampai harapan tiga,” ungkap Kabid, Chaerunnisa.

“Kegiatan ini terlaksanan kerjasama yang baik dan apik selurah panitia baik panitia utama FPDL maupun panitia lomba perahu dayung di dinas perikanan,” tambahnya.

Lomba perahu dayung ini pun beroleh apresiasi dari Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Ia mengatakan lomba perahu dayung begitu besar atensi dan antusias masyarakat sangat tinggi, mereka luar biasa.

“Lomba perahu dayung menumbuhkan semangat peserta tak hanya bertanding tapi lebih komitmen mereka untuk terus menjaga kelestarian danau Limboto,” ujar Bupati Nelson saat menghadiri final penutupan lomba tersebut.

Bupati dua periode itu pun merasa bangga, karena begitu besar partisipasi masyarakat, hal ini terlihat begitu banyak penonton dan suporter.

“Tahun depan kita buat lebih meriah, kita undang peserta dari luar Gorontalo, jika perlu nelayan nelayan danau toba kita undang bertanding disini,” tandas Nelson.

Exit mobile version