Listrik Padam di Wilayah Provinsi, Ini Penjelasan PLN

TATIYE.ID (BONEBOL) – Seluruh wilayah di Provinsi Gorontalo saat ini gelap gulita akibat ada pemadaman listrik.

Pemadaman ini terjadi akibat gangguan sistem transmisi 150 KV Lopana – Otam sehingga berdampak pada putusnya suplai aliran tenaga listrik di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

PLN menjelaskan, pasokan listrik yang terhenti pada pukul 13.12 WITA. Kejadian tersebut mengakibatkan hilangnya tegangan pada 9 gardu induk PLN. Dengan total beban padam pada sistem Sulutgo adalah 119 MW dari total 61 penyulang yang terdampak.

“Gangguan terjadi pada sistem transmisi Lopana – Otam sehingga menyebabkan terhentinya pasokan listrik sementara di daerah Kotamobagu, Bolaang Mongondow Raya, dan Gorontalo,” ujar General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki, Selasa (18/05/2021).
Hasil penelusuran dan lokalisir ditemukan gangguan pada tower nomor 180 dan 181 pada saluran transmisi 150 kV dari GI Lopana ke GI Otam yang menjadi penyebab terputusnya pasokan listrik.
Hingga pukul 17.15 WITA petugas PLN berupaya menangani proses pemulihan secepat mungkin di mana 23 penyulang berhasil beroperasi dari total 61 penyulang dengan beban masuk yang berhasil dinormalkan sebesar 27,9 MW. PLN masih berupaya untuk memulihkan sisa penyulang terdampak.

“Saat ini petugas PLN sedang berupaya melakukan percepatan pemulihan sistem kelistrikan,” tuturnya.

Leo juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan akibat terhentinya pasokan tenaga listrik.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyaman pelanggan,” pungkasnya.

Exit mobile version