Lewat Sidang Paripurna, DPRD Provinsi Gorontalo Sahkan Pembentukan Dispora

TATIYE.ID (SPORT) – Dinas Pemuda dan Olahraga akhirnya resmi terbentuk setelah Senin (14/03/2022) Rancangan Peraturan Daerah(RANPERDA) tentang pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Gorontalo resmi disahkan.

Melalui sidang Paripurna tingkat II persetujuan ranperda tersebut dihadiri langsung Gubenur Gorontalo Rusli Habibie di Gedung DPRD Provinsi, yang disaksikan langsung beberapa perwakilan induk cabang olahraga yang sangat antusias dengan berdirinya Dispora Provinsi Gorontalo.

Dalam penyampaiannya, juru bicara panitia Khusus (PANSUS) DPRD pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Gorontalo La Ode Haemuddin mengatakan, pembentukan dan susunan Perangkat Daerah ini telah dikaji secara detail bersama pemerintah daerah sampai membutuhkan waktu yang sangat panjang. Dari hasil pembahasan tersebut Dispora menjadi salah satu dinas yang disepakati pisah dari OPD sebelumnya yakni Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga menjadi dua dinas, Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Dinas pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga mengalami perubahan menjadi dua Dinas yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yang kedua Dinas Pemuda dan Olahraga,” ujar La Ode Haimudin.

Jelas La Ode Haemudin, pembentukan dan susunan perangkat daerah pemerintah Provinsi Gorontalo ini adalah upaya mewujudkan tatakelola organisasi yang efisien, efektif, pembagian habis tugas, rentan kendali, tata kerja yang jelas, intensitas urusan pemerintahan dan pelayanan publik.

“Ranperda pembentukan dan susunan perangkat daerah ini akan ditindaklanjuti untuk menjadi Peraturan Daerah (PERDA) sesuai dengan tata tertib dewan. Setelah disahkan maka Pemerintah daerah akan melakukan koordinasi ke Kementerian terkait guna mendapatkan nomor registrasi. (*)

Exit mobile version