Lewat Program Bersua, Dr. Tonny Layani 125 Pasien di Desa Bakti

TATIYE CHANNEL (KABGOR) – Kepedulian dr. A. R Mohamad atau yang akrab disapa dr. Tonny terhadap masyarakat yang serba kekurangan di desa-desa terpencil tak perlu diragukan lagi. 

Ya, pemilik klinik Mirah sehati ini, dalam kurun waktu 8 tahun terakhir ini terus memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada rakyat Kabupaten Gorontalo (Kabgor). Hingga tahun 2019 ini, sudah ribuan warga Kabgor yang tersebar di 19 Kecamatan telah merasakan sentuhan tangan dari dr. Tonny melalui program Berbagi Sehat Untuk Semua (Bersua). 

Menggandeng salah satu media elektronik Gorontalo, pagi hingga siang hari (6/10) kemarin, giliran warga kurang mampu dusun Molawahu, desa Bakti, Kecamatan Pulubala, Kabgor mendapat pelayanan kesehatan tanpa pungutan biaya tersebut. 

“Kurang lebih ada 125 warga dusun Molawahu memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis ini, ” ujar Ismail, warga desa Bakti.

Tidak hanya mendapat pelayanan kesehatan gratis saja, lanjut Ismail, para lansia dusun Molawahu juga mendapat kartu berobat gratis di klinik mirah sehati. “Kartu berobat gratis itu diserahkan ibu Camat dan disaksikan oleh pemerintah desa dan dusun yang turut hadir. Penerimanya ada sekitar 100 orang,” tutur Ismail.

Dalam melayani 125 warga Molawahu, dr. Tonny dibantu sejumlah dokter spesialis, yakni spesialis penyakit dalam, mata dan dokter umum. 

Menariknya, dari ratusan pasien yang datang, ada salah satu pasien yang menderita kelainan bawaan. Dimana pasien tersebut tidak memiliki daun dan lubang telinga. Oleh dr. 

Tonny pasien tersebut dirujuk ke bagian THT Rumah Sakit (RS) Dunda, bersama 7 pasien lainnya yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Kepada Tatiye Chanel, dr. Tonny menyampaikan bahwa program Bersua ini akan terus berlanjut. “Berikut warga kecamatan Boliyohuto yang akan kami datangi untuk menerima program yang bertujuan membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan khusus warga desa terpencil,” ungkapnya. (*)

Exit mobile version