Lepas 2.000 Ekor Nila, Bupati Pohuwato Harap Masyarakat Budidaya Ikan Air Tawar

TATIYE.ID – Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga bersama Dandim 1313 Pohuwato melakukan kegiatan tabur 2.000 ekor ikan Nila di kolam perbenihan air tawar di Desa Padengo, Kecamatan Dengilo, Rabu (8/6/2022).

Usai melakukan penaburan, Saipul didampingi Kadis Perikanan, Amrin Umar dan sejumlah pimpinan OPD meninjau salah satu gedung yang terdapat hatchery atau tempat pemijahan.

Ditempat tersebut, hasil pemijahan dari telur sampai larva akan dipelihara di hatchery, setelah itu akan dikeluarkan ke kolam pendederan yang ada di luar gedung dan minimal sudah 3 atau 5 cm sudah bisa dipelihara di kolam pembesaran.

Bupati Saipul mengapresiasi langkah baik terutama dalam melakukan pemijahan tersebut, karena dari pemijahan akan menghasilkan bibit ikan yang dapat dipelihara. Selanjutnya, bupati juga berharap kolam yang merupakan milik pemerintah ini diharapkan nantinya bisa membantu kelompok dan masyarakat pembudidaya ikan air tawar di Kabupaten Pohuwato pada umumnya, sehingga keberadaan dari pembudidayaan atau perbenihan di tempat ini dapat dirasakan oleh masyarakat.

Disisi lain Bupati Saipul berharap pula agar kolam yang ada ini dapat dijaga dan dirawat dengan baik terutama kehadiran dari petugas yang menjaga dan merawat ikan ikan yang ada di perbenihan tersebut.

Exit mobile version