Lapas Boalemo Sukses Raih Predikat WBK Tahun 2023

TATIYE.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Boalemo meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melalui proses penilaian yang ketat. Lapas Boalemo menjadi salah satu satker dari 67 Satker yang lulus penilaian.

Pemberian penghargaan satuan kerja berpredikat WBK dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM tahun 2023 dilaksanakan di Hotel Borobudur, kamis 14 Desember 2023 yang dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H Laoly, Perwakilan dari KemenPAN-RB dan dihadiri oleh Pimti Madya Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia serta Undangan lainnya.

Keberhasilan Lapas Boalemo meraih predikat WBK merupakan buah kerja keras dan komitmen seluruh jajaran Lapas Boalemo dalam mewujudkan reformasi birokrasi dan pencegahan korupsi. Proses panjang telah dilalui Lapas Boalemo sejak tahun 2020. Pada tahun tersebut, Lapas Boalemo telah dinyatakan lolos tahap I seleksi WBK. Namun, pada tahap II, Lapas Boalemo belum berhasil meraih predikat WBK.

Kegagalan tersebut menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Lapas Boalemo untuk terus berbenah dan meningkatkan kinerja. Pada tahun 2021, Lapas Boalemo kembali mengikuti seleksi WBK dan berhasil lolos tahap I namun belum berhasil lolos ke tahap II, ditahun 2022 Lapas Boalemo kembali mengikuti seleksi WBK dan lolos ke penilaian tahap terakhir namun lagi lagi gagal meraih predikat WBK dikarenakan jumlah kuota yang diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Tak Patah semangat, ditahun 2023, seluruh jajaran lapas boalemo mematangkan seluruh persiapan dan meningkatkan kinerja dan akhirnya Lapas Boalemo berhasil meraih predikat satker WBK.

Prestasi yang diraih Lapas Boalemo ini merupakan kebanggaan bagi seluruh jajaran Lapas Boalemo. Prestasi ini juga menjadi bukti bahwa Lapas Boalemo telah berkomitmen untuk mewujudkan reformasi birokrasi dan pencegahan korupsi.

Kepala Lapas Boalemo, Iwan Gunawan Wahyudi,sesaat setelah menerima piagam menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Lapas Boalemo yang telah bekerja keras dan berkomitmen untuk mewujudkan reformasi birokrasi dan pencegahan korupsi.

“Prestasi ini tidak lepas dari kerja keras dan komitmen seluruh jajaran Lapas Boalemo. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Iwan.

Iwan Gunawan Wahyudi juga menyampaikan komitmen Lapas Boalemo untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ia berharap, Lapas Boalemo dapat mempertahankan predikat WBK dan bahkan dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada tahun-tahun mendatang.

Keberhasilan Lapas Boalemo meraih predikat WBK merupakan cerminan dari komitmen jajaran Lapas Boalemo dalam mewujudkan reformasi birokrasi dan pencegahan korupsi. Prestasi ini juga menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Lapas di Indonesia untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Penulis : Heni Susila Wardoyo, Iwan Gunawan Wahyudi (Humas Lapas Boalemo Kemenkumham Ditjenpas Kemenkumham Gorontalo Lapas Boalemo)

Exit mobile version