Lampu Hijau, Tahun 2023 Dispora Provinsi Gorontalo Disahkan

TATIYE.ID (SPORT) – Kabar gembira akan lahirnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Gorontalo sempat santer terdengar di penguhujung tahun 2022 lalu. Pasalnya tahun 2023 kepastian akan pisahnya Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora) dari Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo sudah hampir pasti terrealiasi.

Dari informasi yang berhasil diperoleh awak media ini, ada tiga OPD baru yang akan lahir atau berpisah dengan induk OPD sebelumnya. Tiga OPD tersebut yakni Dispora, Disnaker dan Dinas Perempuan.

“Nanti ada tiga OPD baru yakni Dispora, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Perempuan,” ujar Fikram Az. Salilama, anggota DPRD Provinsi Gorontalo, yang coba dikonfirmasi kepastian lahirnya OPD baru tersebut, Rabu (4/01/2023).

Sementara itu, Kabid Pora, Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Fitri Ahmad yang dimintai bocoran terkait pembentukan Dispora Provinsi Gorontalo mengungkapkan saat ini tinggal menunggu proses pelantikan Dispora sebagai OPD baru di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Kalau informasi dari Biro Organisasi, sudah selesai seluruh tahapan prosesnya, hanya tinggal menunggu proses pelantikan pengisian personilnya saja,” beber Fitri Ahmad.

Fitri pun menanggapi pemisahan atau pembentukan Dispora sebagai OPD baru dengan harapan akan berdampak positif bagi perkembangan pembinaan prestasi olahraga Gorontalo kedepannya.

“Ucapan yang pertama ya Alhamdulillah, akhirnya setelah sekian lama diperjuangkan dari tahun 2015 pembentukan Dispora, baru bisa terealisasi di tahun ini sekalipun Dinasnya baru tipe C. Banyak harapan yang diinginkan dengan pemisahan ini, untuk kami yang berkecimpung langsung di dalamnya, tentu merasa senang. Artinya Pora selama ini gabung dengan Dikbud dari segi penganggaran porsinya bisa dikatakan kurang, nah dengan dipisahkannya tentu akan mengalami penambahan anggaran dan ini impactnya berpengaruh kepada pengembangan olahraga dan kepemudaan di Provinsi Gorontalo,” ungkapnya. (*)

Exit mobile version