Lahirnya Dispora Provinsi Gorontalo, Bagian Dari Impian Pelaku Olahraga

TATIYE.ID (SPORT) – Terbentuknya Dinas Pemuda dan Olahraga diyakini bisa menjadi momentum perbaikan prestasi olahraga Provinsi Gorontalo ke depan. Hal itu disampaikan beberapa beberapa pelatih olahraga Gorontalo saat berbincang dengan tatiye.id, Selasa (19/1/2021).

Pelatih pencaksilat Gorontalo, Dedy misalnya, ia berharap sekaligus mendorong agar Dispora Provinsi Gorontalo bisa segera terbentuk. Sehingganya perlu ditingkatkan koordinasi, dan sinergi demi terwujudnya impian tersebut.

“Jika Dispora Provinsi Gorontalo ingin segera terwujud maka segeralah berkoordinasi dengan berbagai pihak baik eksekutif, legislatif, Pengurus Cabang Olahraga dan tentunya juga melakukan pendataan tenaga keolahragaan, seperti data pelatih dan wasit. Data pelatih dan wasit akan sangat krusial dan strategis sebagai baseline penyusunan perencanaan program kerja Dispora nantinya, Termasuk dalam penyusunan dan pengusulan anggaran tahun-tahun mendatang,” kata Dedy.

“Pengembangan atlet daerah sudah harus lebih fokus untuk persiapan pencapaian prestasi atlet daerah menuju atlet nasional. PPLP misalnya harus dimanfaatkan oleh Pengprov dalam pengembangan atlet junior. Pengprov harus disiplin dalam menerapkan prinsip fair, promosi degradasi baik kepada atlet maupun pelatih,” tambahnya

Beberapa pelatih lainnya seperti pelatih taekwondo, sepaktakraw, karate, sepakbola dan atletik Gorontalo juga menaruh impian yang sama.

“ini impian semua pelaku olahraga termasuk kami sebagai pelatih. Hanya memang tentu semua harus berjalan sesuai aturan perundang-undangan serta pertimbangan dua lembaga yakni eksekutif atau Gubernur maupun legislatif atau DPRD Provinsi Gorontalo,” ungkap Noldi pelatih sepak takraw Gorontalo.

Sementara itu, Aleg DPRD Provinsi Gorontalo MN. H. Fikram Salilama,S.Ip dalam sebuah percakapan menegaskan bahwa sebagai wakil rakyat sekaligus ketua KONI Provinsi Gorontalo ia akan berusaha dan berjuang demi terwujudnya impian terpisahnya Dispora dari Dikbud atau saat ini tergabung dalam Dikbudpora. (*)

Exit mobile version