Kunker FKKS Provinsi Gorontalo di Pohuwato dapat Sambutan Hangat Bupati Saipul

TATIYE.ID (POHUWATO) – Bupati Saipul Mbuinga menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Forum Kabupaten-Kota Sehat (FKKS) yang melakukan kunjungan kerja terkait kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sehat di Kabupaten Pohuwato. Jum’at (02/07/2021).

“Saya bersyukur dengan adanya tim ini, yang kedepannya bisa lebih naik peringkat dari penilaian persoalan lingkungan di Pohuwato,” jelasnya.

Selain itu, Bupati juga siap bertindak dan mengikutsertakan semua OPD untuk mensosialisasikan program FKKS terhadap desa-desa yang masih rendah angka kesadaran dalam menggunakan jamban untuk kesehatan lingkungan.

“Target ada 83 desa untuk capaian yang di kejar, sesuai prasyarat yang diberikan. Selain OPD, ada TP-PKK yang dilibatkan dalam memaksimalkan sosialisasi sampai dengan masyarakat ada kesadaran tinggi terhadap lingkungan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Forum KKS Provinsi Gorontalo, Dr. Nirmala Sahi menjelaskan jika memang tujuan ke Pohuwato dalam rangka sosialisasi peningkatan Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan tempat.

“Di pohuwato, capaian ini aksesnya sudah tinggi tetapi ODF masih rendah. Ini merupakan salah satu indikator penilaian dalam program kabupaten kota sehat yang salah satu indikatornya peningkatan ODF,” tutur Nirmala.

“Pohuwato pernah mendapat Penghargaan Padapa di tahun 2018. Jadi, pada 2023 nanti untuk persyaratan penilaian itu harus 80 persen ODF. Kami datang menghadap langsung bupati bicara soal mempertahankan penghargaan Padapa tersebut. Alhamdulillah dukungan dari bupati begitu besar, dan semoga ini pertanda yang baik kedepannya,” pungkasnya.

Exit mobile version