Kunjungi Balai Tanaman Serealia Maros, Bupati Pohuwato Ingin Kembangkan Komoditas Jagung

TATIYE.ID (POHUWATO) – Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga bersama jajaaran berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Serealia, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Kunjungan ini untuk melihat dari dekat balai penelitian pengembangan penangkaran jagung.

Bupati Saipul dalam kunjungan itu turut didampingi Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh dan Kadis Pertanian, Kamri Alwi. Kedatangannya diterima Kepala Balai Penelitian Tanaman Serealia, Dr. Amin Nur,SP.,M.Si bersama Wakil Direktur UPBS, Fauziah Koes, SP.,MP, Koordinator Jasa Penelitian, Rahmi Yuliani Arfan,SP.,M.Si, Tim Peneliti, Ir. Fardiana Tabri, MP, Tim Peneliti, Jurniarsih SP.,M.Si, Senin, (05/12/2022).

Bupati Saipul menjelaskan bahwa maksud kunjungannya agar memperoleh gambaran mengenai tata kelola pertanian khususnya jagung terutama dari pembenihannya. Bukan itu saja, tujuan ini adalah bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam hal penangkaran jagung di Pohuwato. Apalagi pada penelitian yang dilakukan bahwa Pohuwato sangat pas untuk menjadi penangkaran benih jagung.

“Kami ingin belajar dan meniru apa-apa yang ada disini (Balai) yang kemudian insyaallah bisa kita kembangkan bersama terutama melatih para petani yang ada di Pohuwato,” ungkap bupati.

Sementara itu, Kepala Balai, Amin Nur mengajak Pemda Pohuwato untuk melakukan MoU untuk pengembangan penangkaran benih, mereka juga bersedia melatih petani menjadi penangkar benih jagung dalam rangka pemenuhan benih yang selama ini mulai sulit di dapat. Pada kesempatan itu kepala balai mendampingi rombongan Pemda Pohuwato ke tempat pembenihan, pembibitan sampai pada pembekuan bibit.

Exit mobile version