KPU Bone Bolango Segera Lakukan Pleno Penetapan Calon Terpilih

TATIYE.ID (BONEBOL) – Menjadi yang pertama kali menyelesaikan pleno penetapan hasil Pemilihan Umum 2024 se-Provinsi Gorontalo, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango umumkan segera melaksanakan rapat pleno penetapan calon terpilih.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bone Bolango, Sutenty Lamuhu pada Rapat Evaluasi Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel GrandQ, Kota Gorontalo, Senin (18/03/2024).

Diketahui pleno penetapan calon terpilih ini merupakan tahapan terakhir yang akan dilakukan oleh pihak KPU usai menyelesaikan rekapitulasi tingkat nasional.

Dalam kesempatan itu, Sutenty menjelaskan bahwa tahapan terakhir tersebut akan segera dilaksanakan tetapi masih menunggu hasil dari pusat yang menunjukkan Kabupaten Bone Bolango tidak memiliki perkara di Mahkamah Konstitusi (MK) yang mana hal itu akan dijadikan dasar dalam menyelesaikan tahapan pleno calon terpilih.

“Kita harus memenuhi kewajiban dan syarat jika kemudian Kabupaten Bone Bolango tidak masuk dalam registrasi perkara di Mahkamah Konstitusi maka kemudian setelah rekapitulasi nasional berakhir maka KPU Kabupaten Bone Bolango akan melanjutkan dengan pleno penetapan calon terpilih,” jelas Sutenty.

“Tetapi jika sebaliknya kalau kemudian sebaliknya jika kemudian kami memiliki registrasi mahkama maka kami belum bisa melaksanakan pleno penetapan calon,” sambungnya.

Terkait waktu pelaksanaan, rapat pleno penetapan calon terpilih akan dilaksanakan oleh KPU Bone Bolango pada tanggal 20 Maret 2024 yang akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut.

“Kami diberikan jangka waktu selama 3 hari setelah Rekapitulasi Nasional selesai sehingga kami akan melaksanakan lebih cepat insyaallah kalau memang kemudian kami tidak ada lagi kendala dengan Mahkamah Konstitusi seperti itu,” pungkasnya.

Exit mobile version