Kota Tual Adopsi Sistem Sidang MP-TGR Kabupaten Gorontalo

Wakil walikota Tual Usman Tamnge, saat memberikan cendra mata pada wakil Bupati Hendra Hemeto, usai melaksanakan Studi banding di Ruang Madani Kantor Bupati Gorontalo.

TATIYE.ID. (KABGOR) – Pelaksanaan sidang Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi (MP-TGR) di Kabupaten Gorontalo menarik perhatian Kota Tual untuk mempelajarinya.

Rombongan Tim Studi Banding Pemerintah Kota Tual diterima langsung Wakil Bupati Hendra Hemeto. Hadir pula asisten III, Yusran Lapananda, Inspektur Hen Restu dan Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Herman Umar, Kabag Kesra serta Kabag Organisasi Rahmat Mohamad.

Studi banding ini dilaksanakan untuk memperdalam inovasi terkait Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi (MP- TGR). Rombongan kota Tual Provinsi Maluku tersebut dipimpin langsung Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, Sekda Ahmad Yani Renuat, Asisten I serta sejumlah Pimpinan OPD kota Tual.

Wabup Hendra menjelaskan bahwa MPTGR Kabupaten Gorontalo telah banyak ditiru daerah-daerah di Indonesia termasuk lembaga Kementerian Keuangan.

Sebab, sidang MP- TGR menjadi langkah penyelesaian kerugian keuangan negara dan dinilai baik dalam penyeleaian sebuah permasalahan kerugian negara yang ada di daerah, tanpa menimbulkan persoalan baru.

“Intinya kunjungan kerja dari Pemkot Tual adalah mengadopsi MP-TGR di Kabupaten Gorontalo untuk diimplementasikan di daerah mereka. Dan semuanya sudah dijelaskan secara terperinci bagaimana cara kerja dari MP-TGR,” terang Hendra

Sementara itu Wakil Walikota Tual Usman Tamnge menyampaikan alasannya memilih Kabupaten Gorontalo sebagai daerah tujuan studi banding.

“Penyelesaian masalah ganti rugi yang utama,” ucapnya.

Dia menjelaskan, pihaknya memiliki kendala karena adat di Kota Tual sangat kuat dan kental

“Ketika ada regulasi maka sesuatu yang kita capai itu akan lewat regulasi. Jadi bukan lagi lewat hati nurani, karena kendala kami satu di situ,” tuturnya.

Ia pun mengaku sangat senang dan akan mengadopsi hal ini di Kota Tual.

“Menarik untuk di adopsi sekaligus kami datang untuk silaturahim,” tutupnya.

Exit mobile version