KONI Kota Gorontalo Gelar Rakor Keolahragaan, Tuai Apresiasi Walikota

TATIYE.ID (SPORT) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Gorontalo menggelar acara Halal Bihalal dan Rapat Koordinasi sekaligus konsolidasi keolahragaan yang berlangsung di Aula kantor DPRD Kota Gorontalo, Ahad (10/3/2024).

Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Kota Gorontalo, Hardi Sidiki berterima kasih kepada seluruh cabang olahraga (cabor) yang berada di bawah naungan KONI yang telah mengharumkan nama Kota Gorontalo.

“Nama Kota Gorontalo telah mendunia. Semua itu berkat prestasi para atlet. Seperti halnya atlet e-sport yang sukses meraih prestasi di tingkat Asia,” ujarnya.

Selanjutnya Hardi Sidiki juga menekankan terkait keaktifan cabang olahraga yang menjadi anggota, bukan hanya aktif secara organisasi tapi juga segi pembinaan prestasinya.

“Intinya KONI Kota Gorontalo berharap semua cabang olahraga yang menjadi anggota dapat aktif baik secara organisasi maupun pembinaan prestasi nya,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Gorontalo yang juga pembina KONI Kota Gorontalo mengapresiasi kegiatan Rapat Koordinasi dan Konsultasi Keolahragaan yang dirangkaikan dengan halal bi halal ini. Marten berharap beberapa hal yang intinya pendataan atlet serta SDM olahraga di Kota Gorontalo dapat dilakukan secara terstruktur, dan lengkap.

“Koordinasi, konsultasi terkait pendataan atlet dan SDM olahraga di Kota Gorontalo ini sangatlah penting dalam menunjang pembinaan prestasi,” ucap Marten Taha.

Ditempat yang sama Kepala Disparpora Kota Gorontalo Zamroni Agus mengungkapkan selama ini Pemerintah Kota Gorontalo dibawah pimpinan Marten Taha dan Ryan Kono sangat peduli terhadap pembinaan Olahraga di Kota Gorontalo.

Pemerintah Daerah berupaya untuk mengakomodir usulan atau masukan dari Cabang Olahraga tersebut dengan menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

“Tidak semua juga kebutuhan Cabang Olahraga kita penuhi secara maskimal, tetapi ada yang namanya skala prioritas cabor mana yang akan menjadi fokus utama kita, makanya kami bersama KONI akan mengagendakan untuk melaksanakan musyawarah Olahraga dengan melibatkan pihak terkait untuk merumuskan cabang Olahraga Unggulan,” imbuhnya.

“Tadi pak Walikota Marten Taha kan sudah sampaikan bahwa Olahraga ini salah satu sektor penting dalam mengangkat harkat dan martabat bangsa dan daerah, sehingga Pemerintah wajib memberikan perhatian serius kepada atlet yang berprestasi bahkan atlet yang berprestasi mendapat bonus pembinaan”tambahnya.

Zamroni Agus menyampaikan kendala yang dihadapi selama ini masih minimnya sarana prasarana termasuk anggaran. Karena pembinaan Anggaran di Kota Gorontalo ini masih bersumber dari ABD. Meski dengan anggaran yang terbatas tetapi Pemerintah kota Gorontalo tetap mengalokasikan anggaran hibah bahkan tahun 2024 ini mengalami peningkatan dari Rp.500.000.000 naik menjadi Rp. 750.000.000.

“Jumlah ini kemungkinan masih bisa bertambah, nanti kita liat lagi di anggaran perubahan APBD,” tutupnya. (*)

Exit mobile version