Komisi III DPRD Bone Bolango Nilai Peran BUMD Paling Tepat Membantu Sektor Pertanian

TATIYE.ID (BONEBOL) – Peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam menjamin keberlangsungan pemenuhan kebutuhan petani, menuai dukungan dari jajaran Komisi III DPRD Bone Bolango. Meskipun hal ini diakui masih perlu dikaji, namun peran BUMD tersebut dinilai dapat membantu meningkatkan sektor pertanian di daerah itu.

Bentuk dukungan ini terkuak ketika Komisi III DPRD Bone Bolango menggelar RDP bersama Dinas Pertanian setempat beberapa waktu lalu. Terungkap, dimana banyak petani yang sering kesulitan modal untuk membiayai seluruh kebutuhan pertanian. Akibatnya, tak sedikit pun dari mereka yang meminjam kepemodal dengan perjanjian dibayar setelah hasil panen dengan selisih harga yang jauh.

Praktek seperti ini yang tidak diinginkan, karena bisa menjerat kebutuhan petani. Untuk mengatasinya, BUMD dinilai merupakan solusi yang tepat dan diharapkan dapat berperan dalam mengatasi persoalan pertanian.

“Sehingga, kami meminta agar peran BUMD masuk dalam wilayah itu untuk menanggulangi masalah kebutuhan petani. Nanti kita akan kaji lagi secara bersama-sama” tutup Ketua Komisi III DPRD Bone Bolango Tahir Badu (**)

Exit mobile version